BPOM Tak Akan Segan Beri Sanksi Distributor Obat Nakal

Ekbis  JUM'AT, 06 OKTOBER 2017 , 07:15:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

BPOM Tak Akan Segan Beri Sanksi Distributor Obat Nakal
RMOLJabar. Maraknya penyalahgunaan obat yang terjadi saat ini tidak lepas dari tanggungjawab Badan POM selaku pengawas obat dan makanan ini.

Kepala Balai Besar POM di Bandung, Abdul Rahim mengaku distributor obat resmi pihaknya sudah memiliki data. Terdaftarnya distributor resmi itu tidak lepas dari audit rutin yang dilakukan Badan POM.

"Distributor resmi kami punya data, mereka terdaftar karena di audit secara rutin. Terima dari pabrik, berapa yang masuk ke dia (distributor-red), berapa yang di edarkan ke apotik, dan obat bebas ke toko obat," ujar Abdul kepada RMOLJabar, Kamis (5/10).

Dia menegaskan, pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi jika ditemukan distributor resmi yang nakal. Ia pun tidak menampik jika ada saja oknum yang melakukan penyimpangan di lapangan.

"Kalau ada penyimpangan tentu kami memberikan sanksi. Meskipun memang kita akui ada oknum misalkan di apotik yang harusnya pake resep dokter lalu di jual," ungkapnya.

Lain halnya dengan apotik. Menurutnya, berdirinya apotik yang melayani kebutuhan obat masyarakat, itu tanggungjawab Dinas Kesehatan selaku otoritas pemegang perizinannya.

"Kami (BPOM) hanya memberikan rekomendasi agar memberikan peringatan atau pencabutan izin," jelasnya.

Dia menambahkan, distributor resmi obat di Jawa Barat jumlhany ada ratusan. Maka pengawasan distributor akan penting dilakukan.

"Pedagang besar farmasi ada 400 di Jabar," pungkasnya. [gus]

Komentar Pembaca
TNI AD Terima Delapan Helikopter Apache

TNI AD Terima Delapan Helikopter Apache

KAMIS, 17 MEI 2018 , 01:28:00

Maradona Dampingi Maduro

Maradona Dampingi Maduro

JUM'AT, 18 MEI 2018 , 04:31:00

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak