Kejati Gandeng HMI Jabar Sosialisasi Penegakan Hukum

Ragam  JUM'AT, 06 OKTOBER 2017 , 14:36:00 WIB | LAPORAN: ABDUL MU'IT

Kejati Gandeng HMI Jabar Sosialisasi Penegakan Hukum

ist

RMOLJabar. Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Barat (Badko HMI Jabar) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) terkait penegakan dan pencegahan hukum dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

MoU ini ditandangani oleh Kajati Jabar, Setia Untung Arimuladi dan Ketua Umum Badko HMI Jabar Achyar Al Rasyid

Dalam kegiatan tersebut, Kajati mengatakan MoU ini dibuat atas dasar kesadaran bersama untuk melakukan langkah kolaboratif dalam penegakan dan pencegahan hukum, terlebih HMI merupakan organisasi mahasiswa Islam yang sudah sejak lama berdiri, memiliki struktur sampai tingkat daerah,  serta telah terbukti kualitas,  integritas,  serta berkarakter intelektual.

"Sehingga tepat kiranya Kejati Jabar menggandeng Badko HMI Jawa Barat untuk membantu kejaksaan dalam agenda pencegahan dan penyuluhan hukum terhadap masyarakat," kata Untung di Aula R. Soeprapto,  Kejaksaan Tinggi Jawa Barat,  Jalan  L.L. R. E. Martadinata, No. 54 Kota Bandung belum lama ini.

Dalam MoU itu disepakati tiga agenda, yakni pertama, agenda penelitian hukum, dimana kader-kader HMI dapat memberi masukan dan saran secara akademik mengenai kondisi penegakan dan pencegahan hukum di daerahnya masing-masing,  

Kedua, agenda penerangan dan penyuluhan hukum, yakni kader-kader HMI dilibatkan sebagi pembicara dan pemateri dalam  agenda Kejaksaan bertemu dengan masyarakat.

Ketiga adalah semua perpustakaan Kejaksaan bisa digunakan oleh kader-kader HMI untuk membaca dan mencari referensi dari perpustakaan kejaksaan.

Sementara, Wakil Sekretaris Umum Badko HMI Jawa Barat Bidang Hukum dan HAM, Iwan Kartiwa mengatakan, agenda ini dihadiri oleh seluruh Ketua Umum HMI Cabang di wilayah kerja Badko HMI Jawa Barat.

Agenda ini diprakarsi atas dasar keterpanggilan HMI untuk bisa terlibat dan turut serta berkontribusi dalam hal penyadaran hukum kepada masyarakat.  

"Ini harus dilakukam secara terintegrasi dan gotong royong oleh seluruh struktur HMI sampai tingkatan cabang. Sehingga Badko HMI Jawa Barat mendorong terealisasinya MoU ini untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi antara HMI Cabang di daerah dengan Kejaksaan Negeri di daerah," pungkasnya. [nif]

Komentar Pembaca
Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Perluas Komitmen UMKM

Perluas Komitmen UMKM

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 06:48:00