Kang Dedi
Kang Emil

Kendali Laju Pertambahan Penduduk di Purwakarta

kang Dedi  JUM'AT, 06 OKTOBER 2017 , 17:31:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Kendali Laju Pertambahan Penduduk di Purwakarta
RMOLJabar. Laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Purwakarta selama satu dekade kepemimpinan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mampu terkendali. Saat ini, jumlah penduduk Purwakarta mencapai 932 ribu jiwa.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Purwakarta hingga 2016 menunjukan, laju pertumbuhan penduduk di Purwakarta setiap tahun tidak pernah lebih dari 5 persen. Dalam lima tahun terakhir misalnya, pada 2012, awal periode kedua kepemimpinan Dedi, jumlah penduduk Purwakarta ‎mencapai 882.799 jiwa.

"Kenaikan jumlah penduduk tiap tahun sejak lima tahun terakhir tidak pernah lebih dari 15 ribu jiwa. Artinya, laju pertumbuhan penduduk terkendali," ujar Kepala Bidang Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatiika (Diskominfo) Purwakarta, Hendra Fadly, Jumat (6/10).

Menurutnya, pada banyak kesempatan Dedi kerap menekankan soal kepesertaan warga pada program keluarga berencana (KB) untuk mengontrol pertumbuhan penduduk.

"Pak bupati sangat konsen dalam pengendalian jumlah penduduk. Bahkan setiap pekan pemerintah datang langsung‎ ke setiap desa untuk pelayanan KB dan pelayanan publik lainnya," ujar Ucok sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, masalah lonjakan jumlah penduduk bisa ditekan dan kemampuan keuangan pemerintah juga bisa ditekan. Belum lagi, kendala beban ekonomi keluarga untuk menanggung anggota keluarganya.

"Pada intinya, bupati menekankan agar pengendalian jumlah penduduk agar tidak memberatkan semua pihak," katanya. Menurutnya, Perbup Nomor 71 Tentang Desa Berbudaya juga mewajibkan agar warga terlibat aktif dalam keluarga berencana.

Sementara itu, data Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Purwakarta menyebutkan‎ hingga 2016, sudah 66 ribu warga menjadi peserta KB dengan jenis alat kontrasepsi berupa IUD, MOW, MOP, Kondom, implan, suntikan, pil dan PUS.

Hendra menambahkan, pemerintah juga menyiagakan petugas pelayanan KB di seluruh kecamatan di Purwakarta sebanyak 17 kecamatan. Saat ini, jumlah petugas pelayan KB di Purwakarta mencapai 47 orang.

"Sejauh ini berjalan lancar. Harapannya jumlah peserta KB terus bertambah dan laju pertumbuhan penduduk bisa terkendali," tandasnya. [nif]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00