Kang Dedi
Kang Emil

Gedung Depo Arsip Bandung Barat Rampung Akhir Tahun

Pemerintahan  JUM'AT, 06 OKTOBER 2017 , 21:30:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Gedung Depo Arsip Bandung Barat Rampung Akhir Tahun
RMOLJabar. Pembangunan depo arsip yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bandung Barat diklaim sudah mencapai 55,61 % sampai awal Oktober 2017. Pembangunan proyek yang dimulai sejak 18 September ditargetkan akan selesai pada 15 November 2017.

Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah KBB Deni Juanda menjelaskan, penyelesaian pembangunan ini harus selesai sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati dengan pemenang tender yakni PT Putra Fajar Sejati.

"Kita minta kepada pihak kontraktor untuk menyelesaikan sesuai dengan kesepakatan kontrak. Walaupun sekarang sudah memasuki musim hujan, tapi kewajiban menuntaskan pembangunan harus selesai," katanya.

Deni menyebutkan, pembangunan depo arsip dianggarkan sebesar Rp3,5 miliar dari APBD 2017. Depo arsip ini dibangun di atas tanah seluas 800 meter persegi dan luas bangunan 1.530 meter persegi.

"Rencananya pembangunan depo arsip ini dianggarkan Rp12 miliar untuk 4 lantai. Tapi, karena anggaran dari APBD hanya Rp3,5 miliar jadi hanya 1 lantai saja. Mudah-mudahan di tahun depan ada bantuan dari provinsi sebesar Rp8 miliar karena kita sudah mengajukan," ujarnya.  

Deni menjelaskan, depo arsip merupakan tempat penyimpanan dokumen penting dengan beragam format, mulai dari tekstual, gambar statis, gambar bergerak dan dalam beragam media kertas foto serta digital. Kearsipan memiliki peran yang sangat penting untuk merekam sejarah dan perjalanan Pemkab Bandung Barat. Mengacu pada Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, memberikan penekanan betapa pentingnya mengelola arsip.

Dalam UU tersebut, dijelaskan bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dalam menyimpan arsip atau dokumen memang harus terjamin aspek keamanannya. Sehingga nanti juga bila bangunan depo arsip sudah selesai, penjagaan juga diperketat dengan fasilitas penyimpanan yang benar-benar aman," pungkasnya.[gun]

Komentar Pembaca
AHY Kandidat Terkuat Demokrat

AHY Kandidat Terkuat Demokrat

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 15:45:00

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 16:31:00

Panglima TNI Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila