Kang Dedi
Kang Emil

Merasa Ditipu, Mantan Buruh PT HPPM Akan Polisikan Kadisnaker Karawang

Hukum  SABTU, 07 OKTOBER 2017 , 01:01:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Merasa Ditipu, Mantan Buruh PT HPPM Akan Polisikan Kadisnaker Karawang
RMOLJabar. Sejumlah mantan buruh PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM), Karawang, mengaku telah dibohongi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Ahmad Suroto.  Suroto dituding telah ingkar kepada sejumlah buruh PT HPPM yang sempat akan dibantu diangkat menjadi karyawan tetap (Kartap) asalkan tidak membentuk serikat buruh di PT HPPM.

"Waktu itu kita mengajukan izin untuk membentuk serikat buruh di PT HPPM. Tapi Kadisnaker membujuk kami agar tidak membentuk serikat dan berjanji membantu kami jadi karyawan tetap. Tapi ternyata sampai kontrak kerja kami habis, janji Kadisnaker tidak ditepati," ujar Abdurahman (24), mantan buruh PT.HPPM, kepada RMOLJabar, Sabtu (7/10).

Selain dirinya, kata Abdurahman, ada 11 buruh lain juga dijanjikan hal yang sama oleh Suroto. Namun hingga saat ini, janji tersebut tak kunjung ditepati.

"Sudah kita tanyakan tapi dia (Suroto) selalu menghindar," ungkapnya.

Senada juga diungkapkan mantan buruh PT HPPM lainnya, Rahman (24). Karena merasa telah dibohongi, dia bersama buruh yang mengaku  korban kebohongan Kadisnaker ini berencana melaporkan kasus tersebut ke pihak Kepolisian.

"Kami punya bukti rekaman pembicaraan Suroto yang menjanjikan kami akan dibantu diangkat jadi karyawan asal tidak membentuk serikat," katanya.

Beberapa hari lalu, sejumlah buruh yang mengaku jadi korban kebohongan Kadisnaker ini sempat berkonsultasi dengan seorang Pengacara terkait rencana melaporkan kasus tersebut ke pihak Kepolisian.

"Tapi kami masih menunggu niat baik Pak Suroto," tuturnya.[gun]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00