Popularitas, Modal Utama Artis ke Dunia Politik

Politik  KAMIS, 12 OKTOBER 2017 , 19:09:00 WIB | LAPORAN: RYAN SANDRI

Popularitas, Modal Utama Artis ke Dunia Politik
RMOLJabar. Tingkat popularitas yang tinggi merupakan faktor utama banyaknya artis yang terjun dalam dunia politik. Sejumlah artis pun bersiap maju dalam pileg maupun pemilihan kepala daerah serentak di wilayah Jawa Barat.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Unpad, Firman Manan, mengatakan tidak sedikit artis yang memanfaatkan kepopulerannya untuk modal terjun di dunia Politik.

"Salah satu variabel yang menentukan keterpililihan dalam pilkada secara langsung adalah tingkat popularitas, tingkat popularitas yang tinggi merupakan modal awal untuk memenangkan pemilihan. Artis lazimnya mempunyai tingkat popularitas tinggi di mata publik, sehingga seringkali merasa punya peluang untuk bertarung dalam pilkada," kata Firman, Kamis(12/10).

Ia juga menjelaskan bahwa berbagai macam fasilitas dan naiknya status sosial yang di dapat sebagai pejabat negara menjadi, pertimbangan juga mengapa saat ini banyak artis yang siap maju dalam dunia politik.

"Menjadi pejabat publik di Indonesia lazimnya berkonsekuensi pada didapatnya serangkaian kenikmatan, misalnya naiknya status social karena penghargaan dari publik, atau adanya akses untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas negara yg tidak didapatkan dalam posisi sebagai artis," paparnya.

Diketahui saat ini banyak sekali artis yang memutuskan terjun dalam dunia politik, beberapa diantaranya adalah nama-nama beken dari kalangan artis seperti Nurul Arifin, HM Farhan, Desy Ratnasari, Aldi Fairus Dede Yusuf dan Deddy Mizwar merupakan sederetan nama artis ibukota yang banting setir ke dunia politik. [nif]



Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00