Kang Dedi
Kang Emil

Ini Rute Longmarch AMT Pertamina Menuju Istana Negara

Peristiwa  JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Ini Rute Longmarch AMT Pertamina Menuju Istana Negara
RMOLJabar. Sebanyak 50 Awak mobil Tanki (AMT) akan melakukan aksi longmarch sebagai bentuk kekecewaan terhadap ribuan AMT yang di pecat secara massal oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN).

Koordinator Lapangan Aksi AMT, Nurahmo mengatakan Bandung sebagai titik awal longmarch karena kota ini memiliki sejarah perlawanan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan zaman dulu.

Selain itu, lanjut Nurahmo, Kota Bandung merupakan daerah awal-awal reformasi pergerakan kaum buruh dengan aksi-aksi heroiknya.

Tidak sampai disitu, dipilihnya Bandung dikarenakan ribuan AMT yang pecat massal sebagian besar berasal dari Jawa Barat.

"Kami mengambil titik Bandung, karena dari 10 depot yang di PHK massal kurang lebih 1095 orang awak mobil tangki, Jabar ini paling terbanyak, ada depot Tasikmalaya, Padalarang dan Ujungberung," kata Nurahmo di depan Kantor Pertamina Jawa Barat, Jalan Wirayuda Timur No.1, Bandung, Jum'at (13/10).

Untuk itu, sejumlah wilayah akan dilalui massa aksi saat menuju Jakarta. Longmarch akan dimulai dari Bandung lalu ke Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Jakarta dan berakhir di Istana Negara.

"Di tiap-tiap kota, berbagai elemen pergerakan buruh, pergerakan rakyat termasuk pergerakan mahasiswa sudah siap menyambut dan ikut memberikan dukungan," pungkasnya.

Sebelumnya, ratusan AMT Pertamina melakukan aksi damai depan Kantor Pertamina Jabar. Mereka silih berganti menyampaikan orasi tuntutannya. Juga lagu Indonesia Raya berkumandang saat aksi ini dijaga aparat kepolisian. [nif]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00