Kang Dedi
Kang Emil

TBM Laporkan Dugaan Penyelewengan BOP

Peristiwa  JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 15:01:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

TBM Laporkan Dugaan Penyelewengan BOP

net

RMOLJabar. Tasikmalaya Budgeting Movement (TBM) Kabupaten Tasikmalaya melaporkan sejumlah temuan dugaan penyelewengan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Paud tahun 2017 ke Polres Tasikmalaya, Jumat (13/10).

Ketua TBM Opan Hambali mengatakan ada beberapa point yang dilaporkan berdasarkan hasil investigasi ke sejumlah Lembaga Paud di Kabupaten Tasikmalaya. Semuanya mengarah kepada tindakan dugaan penyeleweangan pelaksanaan BOP Paud tahun 2017.

"Adanya perbedaan signifikan antara jumlah peserta didik yang real di sekolah dengan penerima BOP dengan nominal masing masing siswa 600 ribu rupiah, papar Opan, Jumat (13/10).

Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), kata Opan tidak mengindahkan Petunjuk Pelaksaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) dalam menentukan jumlah siswa di satu lembaga yang menerima bantuan BOP.

"Dalam Juklak dan Juknis disebutkan BOP diberikan berdasarkan Dapodik, tetapi faktanya ada lembaha yang memiliki jumlah siswa ratusan dan telah terdaftar di Dapodik tetapi menerika bantuan di angka puluhan. Disini ada pemangkasan kalau kita lihat," k

Temuan kedua, lanjut Opan yakni adanya pengkondisian pembelanjaan diluar ketentuan. Jumlah BOP yang harus dibelanjakan untuk alat pendidikan dan alat peraga edukatif berada di angka 35 persen, tetapi di lapangan rata rata angka yang harus dikeluarkan lembaga mencapai 50 persen.

"Ini terjadi di Kecamatan Padakembang, dari hasil keterangan yang kita kantongi mereka telah diintruksikan oleh Disdikbud melalui penilik untuk berbelanja ke salah satu perusahaan dengan jaminan keamanan dari rongrongan LSM dan wartawan," tuturnya.

Point lainnya yakni penggiringan yang diduga dilakukan oleh Disdikbud terhadap lembaga. Lembaga terkesan dipaksa untuk membeli produk dari salah satu perusahaan. Hal ini lanjut Opan menimbulkan kecurigaan yang sangat besar.

"Lembaga awalnya telah memilih untuk membeli dari satu perusahaan tetapi datang ke lembaga dan menyoodrkan barang dari perushaan lain, anehnya ketika kelapa lembaga melakukan konfirmasi kepada penilik mereka disarankan tidak banyak bertanya," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polres Tasikmalaya AKP Gito mengatakan pihaknya akan mengkaji atas dugaan dugaan yang dilaporkan oleh TBM. Tapi yang jelas, anggaran BOP tahun 2017 itu sedang berjalan dan merupakan kewenangan mutlak yang bersangkutan dengan BOP untuk melaksanakan sesuai aturan. [nif]


Komentar Pembaca
AHY Kandidat Terkuat Demokrat

AHY Kandidat Terkuat Demokrat

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 15:45:00

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 16:31:00

Panglima TNI Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila