Padil Karsoma dan Keistimewaan Purwakarta

Pemerintahan  JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 10:02:00 WIB

Padil Karsoma dan Keistimewaan Purwakarta

Permana Sendaya

Purwakarta menjadi salah satu kabupaten termaju di Jawa Barat selama 8 tahun terakhir dengan berbagai inovasi pembangunan Infrastruktur dan destinasi wisata publik dengan nuansa kultural-religius.

Purwakarta telah berubah menjadi ikon pariwisata, kuliner, pendidikan, tata ruang, tata kelola  budaya Jawa Barat.

Purwakarta dapat dikatakan berhasil menjadikan "Sunda" sebagai spirit kemajuan. Peran penting ini tentu saja hadir dari sebuah kerja bersama yang dihadirkan pemerintah, masyarakat, dan seluruh pihak yang peduli dengan kemajuan pembangunan Purwakarta.

Melanjutkan Kemajuan

Bersama 16 kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat, Purwakarta menjadi kabupaten yang akan ikut serta dalam pergantian sirkulasi kepemimpinan daerah secara serentak.

Jabatan Bupati yang harus ditinggalkan Bupati Dedi Mulyadi setelah dua periode menjadi dilema pembangunan Purwakarta, tidak mudah mencari pemimpin baru yang memiliki visi dan kualitas kepemimpinan yang sama dengan Dedi Mulyadi.

Melanjutkan kemajuan Purwakarta adalah tugas penting yang saat ini harus dilakukan warga Purwakarta.Dalam konteks ini, warga Purwakarta akan tersudut pada dua keaadan, Pertama, warga purwakarta masih sulit meninggalkan sosok penting Dedi Mulyadi, Kedua, Sosok birokrasi dan Incumbent akan menjadi alternatif pilihan yang paling rasional dalam melanjutkan pembangunan Purwakarta ke depan.

Sebagai Sekda Kabupaten Purwakarta, Padil Karsoma menjadi bagian dari poros utama suksesi kepemimpinan Kabupaten Purwakarta.

Sosok Padil diperhitungkan karena track record birokrasi yang pernah menjabat sebagai pj bupati dan orang yang dianggap mampu melanjutkan program pembangunan sebelumnya, sebab sosok Padil memahami artikulasi kebudayaan, Keagamaan dan kemanusiaan, sehingga dapat menjadi formula pembangunan daerah, sekaligus memperkuat dinamika keistimewaan purwakarta.

Beberapa hasil polling dan survei selalu menempatkan Padil sebagai kandidat terkuat. Tidak mudah melanjutkan kemajuan Purwakarta, namun  warga Purwakarta sepertinya sudah memiliki pengganti yang tepat untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Purwakarta.

Oleh: Permana Sendaya
Peneliti Indodata

 

Komentar Pembaca
Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB