Kang Dedi
Kang Emil

Maspi Ajak Semua Pihak Dukung Pencaksilat Go Internasional

Ragam  SABTU, 21 OKTOBER 2017 , 14:20:00 WIB | LAPORAN: SONY FITRAH P

Maspi Ajak Semua Pihak Dukung Pencaksilat Go Internasional

Net

RMOLJabar. Masyarakat Pencak Silat Indonesia (Maspi) ajak semua pihak perjuangkan lestarikan Pencaksilat dan Jadikan Seni Beladiri Asli Indonesia tersebut diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.

Melalui Acara Temu Pendekar, Maspi libatkan komunitas Pencaksilat seluruh dunia untuk ikut mendukung.

"Karenanya Kita mengundang 36 perguruan pencak silat se-Indonesia dan mancanegara," kata Ketua Dewan Pembina Maspi Edwin Sanjaya di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu (21/10)

Dikatakan, perguruan Pencaksilat luar negeri yang turut serta, yakni dari Belanda, Singapura, Thailand, Belgia, Perancis, India, Nepal, Jepang, Timor Leste, dan Ukraina. Acara yang digelar kedua kalinya itu dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Edwin pun berterimakasih atas besarnya dukungan pemerintah kota Bandung dalam pengembangan Pencaksilat di Kota Kembang.

Disebutnya salah satu dukungan tersebut adalah tour Tim Maspi bersama Ridwan Kamil (Emil) ke Perancis untuk melakukan presentasi di hadapan para juri UNESCO. Emil saat itu diutus pemerintah pusat untuk melobi dan meyakinkan para juri bahwa Pencak Silat layak menjadi warisan dunia.

"Tapi perjuangan kita belum selesai. Pelestarian budaya ini harus kita lakukan terus, harus kita jaga terus," ucap Edwin.

Edwin menuturkan rangkaian acara Temu Pendekar Internasional menampilkan sendra Pencak Silat yang diutus ke UNESCO di Paris, Perancis. Selain itu, ada pula penampilan senam pencak oleh para petarung dan rampak pencak yang dibawakan oleh TNI.

Pada kegiatan itu juga akan digelar workshop aliran pencak silat dari seluruh Indonesia, seperti aliran bandrong cimande, maenpo cikalong, terumbu banten, suliwa, dan sebagainya. Acara akan berlangsung hingga hari Senin, 23 Oktober 2017. [jar]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00