Kang Dedi
Kang Emil

Kunjungan Mentan Ke Nunukan Komitmen Pemerintah Membangun Dari Pinggiran

Pemerintahan  SELASA, 24 OKTOBER 2017 , 05:31:00 WIB

Kunjungan Mentan Ke Nunukan Komitmen Pemerintah Membangun Dari Pinggiran

Andi Amran Sulaiman/Net

RMOLJabar. Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (23/10). Mentan kunker ke Nunukan tepatnya di Sebatik, pulau terluar yang berbatasan dengan negeri jiran Malaysia.

Di Pulau Sebatik, Nunukan, Mentan menjalani beberapa agenda. Di antaranya: kunjungan dan peninjauan jalur perdagangan komoditas pertanian ke Malaysia di tapal perbatasan; panen padi bersama di Kampung Baru Desa Bukit Aru Indah.

Demonstrasi Inseminasi Buatan (IB) ini dilakukan dalam rangka SIWAB,  Pencanangan Tanam Padi Musim Tanam II Tahun 2017, penyerahan bantuan pertanian secara simbolis dan bertemu dengan Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Nunukan.

Di sela-sela kunjungannya, Mentan mengatakan kunker ke Nunukan sebagai komitmen pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran seperti tertuang dalam program nawacita Jokowi-JK.

"Nawacita itu salah satunya membangun dari penggiran, membangun pertanian juga. Ini implementasi yang harus kita rintis," ucap Mentan kepada wartawan.

Ditekankan, di perbatasan pemerintah akan membangun lumbung pangan termasuk di Nunukan.

"Kita melihat potensi apa yang bisa bisa digerakkan, karena daerah perbatasan ini (Nunukan) merupakan peluang untuk mensuplai ke Malaysia," sebut Mentan.

Di Nunukan seperti yang sudah dimulai oleh masyarakat, ada beberapa komoditi yang bisa digerakkan. Ada padi, pisang, kakao, kelapa, sawit, termasuk rempah-rempah.

"Semua potensi ini bisa kita gerakkan," tukas Mentan.[jar/rmol.co]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00