Bamsoet Kecewa Jokowi Tunda Pembentukan Densus Tipikor

Politik  RABU, 25 OKTOBER 2017 , 01:32:00 WIB

Bamsoet Kecewa Jokowi Tunda Pembentukan Densus Tipikor

Bambang Soesatyo/Net

RMOLJabar. Komisi III DPR agak kecewa dengan keputusan Presiden Jokowi menunda pembentukan Densus Tipikor Polri. Namun, Komisi III tidak bisa berbuat banyak. ‎Komisi III hanya berharap, penundaan itu tidak terlalu lama.

"Kami bisa memahami (penundaan). Tapi, jangan terlalu lama. Sebab, keberadaan Densus Tipikor sangat penting untuk membantu mewujudkan Nawacita di bidang penegakan hukum dan pemberantasan korupsi," ujar Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, Selasa (24/10).

‎Menurutnya, pembentukan Densus itu sangat penting sebagai alat pukul baru terhadap tindak pidana korupsi. Penundaan ini mengesankan Pemerintah kurang serius untuk benar-benar perang melawan korupsi.

‎"‎Penundaan pembentukan Densus Tipikor semakin mengkonfirmasi bahwa kita sebenarnya tidak serius  melawan korupsi. Kita hanya seperti perang-perangan melawan korupsi," cetusnya.

Atas dasar itu, politisi Golkar ini pun membatasi penundaan pembentukan Densus maksimal satu sahun. Setelah kajian selesai, pembentukan Densus bisa langsung direalisasikan. Komisi III pun siap mem-back-up Pemerintah untuk membentuk Densus itu.

Bambang menambahkan, pembentukan Densus sangat penting sebagai pembaharuan strategi pemberantasan korupsi. Sebab, strategi dan aksi yang diterapkan selama ini tidak efektif lagi. Negara memerlukan alat pemukul tambahan selain KPK.

Bambang mendasarkan argumentasi pentingnya Densus Tipikor pada fakta kasus korupsi yang masih marak. Di lembaga legislatif, di kementerian/lembaga negera, di pemerintahan daerah, sampai di institusi peradilan, terjadi korupsi.

Hanya Kantor Presiden dan Kantor Wakil Presiden yang belum terjangkit virus korupsi," katanya. [jar/rmol.co]

Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00