Tren jasa Transportasi Online Capai 5,6 Miliar Dollar Hingga 2025

Ekbis  JUM'AT, 27 OKTOBER 2017 , 09:30:00 WIB | LAPORAN:

Tren jasa Transportasi Online Capai 5,6 Miliar Dollar Hingga 2025

net

RMOLJabar.  Tahun ini tren jasa transportasi online diprediksi akan terus menanjak dan mencapai puncaknya pada 2025. Potensi pasar transportasi online pada 2025 diprediksi mencapai 5,6 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision Dimitri Mahayan mengatakan, tansportasi online sudah menjadi mainstream baru di Indonesia.

"Gojek menjadi ojek online yang paling banyak digunakan user, sedangkan Uber dan Grab Car menjadi mobil online yang paling banyak digunakan user," katanya di Bandung, Jumat (27/10).

Berdasarkan hasil survey Sharing Vision terhadap 160 responden pada 2017, Gojek digunakan 61% pengguna ojek online, disusul Grab Bike 43%. Sementara itu, Uber dan Grab Car masing-masing digunakan oleh 50% responden pengguna mobil online dan Gocar 33%.

Hasil survey tersebut menunjukkan, 41% pengguna Gojek menggunakan alat transportasi tersebut minimal satu kali seminggu. Untuk mobil online, 22% pengguna Grab Car menggunakannya minimal satu kali dalam seminggu.

"Tarif yang lebih murah dan dapat diketahui sejak awal menjadi faktor utama transportasi online lebih banyak disukai," kata Dimitri.

Sebanyak 69% responden mengaku lebih menyukai transportasi online karena tarifnya yang lebih murah. Sementara 64% mengaku memilih transportasi online karena tarif yang bisa diketahui sejak awal dan 58% mengaku menyukainya karena bisa dipesan dari mana saja.

Di sektor transportasi online, menurut Dimitri, Gojek dengan berbagai keunggulan telah menjadi unicorn pertama di Indonesia. Ia menilai, Gojek menguasai empat jalur, yaitu jalur manusia, jalur uang, jalur barang, dan jalur informasi.

"Hal ini akan menjadi big data yang luar biasa," katanya.

Jumlah layanan Gojek jauh mengungguli Grab dan Uber. Kini Gojek bukan lagi hanya sekedar jasa transportasi tapi juga logistik, belanja dan lainnya. Hasil survey Sharing Vision menunjukkan, 75,70% responden menggunakan aplikasi Gojek. Sebanyak 49,5% pengguna Gojek menggunakan layanan minimal sekali seminggu.  [gus]

Komentar Pembaca