Perkembangan Bisnis Online Jadi Pekerjaan Rumah Pemerintah

Ekbis  MINGGU, 29 OKTOBER 2017 , 23:32:00 WIB

Perkembangan Bisnis Online Jadi Pekerjaan Rumah Pemerintah

Net

RMOLJabar. Kemajuan teknologi serta derasnya arus digitalisasi membuat bisnis yang berbasis Online kian tumbuh subur di Indonesia, akibatnya banyak ritel dan toko konvensional satu persatu gulung tikar.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Ari Kuncoro  menilai bahwa dalam hal ini, pemerintah dituntut agar dapat memberikan satu langkah keputusan dalam bentuk regulasi yang mengatur bisnis online sehingga tidak mematikan bisnis konvensional.

"Maka pemerintah saat ini harus lebih canggih. Keahlian tentang digital mutlak diperlukan dalam birokrasi saat ini," kata Ari dalam diskusi Polemik Sindo Tri Jaya bertema "Bisnis Ritel Zaman Now" di Warung Daun, Cikini? Jakarta Pusat, Sabtu (28/10).

Menurutnya, belum adanya regulasi dari Pemerintah dalam mengatur bisnis online tersebut lantaran belum ada SDM yang kompeten dan ahli. Banyaknya ritel yang diiringi tutupnya toko-toko konvensional, lantaran disebabkan tidak adanya antisipasi dalam menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini.

"Masalahnya kita tidak siap terhadap perubahan teknologi yang demikian cepat ini," jelas Ari.

"Pekerjaan rumah bagi pemerintah, bagaimana perkembangan digital ini dimanfaatkan untuk semua," tandasnya. [jar/rmol.co]

Komentar Pembaca