Kang Dedi
Kang Emil

Khofifah: Hari Pahlawan Momentum Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Sosial  MINGGU, 05 NOVEMBER 2017 , 16:31:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Khofifah: Hari Pahlawan Momentum Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa
RMOLJabar. Ribuan orang membanjiri kawasan Bunderan Hotel Indonesia guna mengikuti Jalan Sehat Kebangsaan dan doa lintas agama yang digelar Kementerian Sosial, Minggu (5/11).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang.

Para tokoh lintas agama membacakan doa dengan tata cara agama masing-masing perwakilan lima agama yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha. Islam diwakili oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarifuddin Muhammad. Lalu, Kristen diwakili oleh Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Hendriette Lebang Hutabarat.

Kemudian, Katolik diwakili Sekretaris Komisi Hubungan Antar Umat Beragama Wali Gereja Indonesia Romo Agustinus Ulahayanan, umat Hindu diwakili oleh Astono Chandra Dana dari dari Parisada Hindu Dharma Indonesia dan umat Budha diwakili oleh Samanera Kantisilo dari Wali Umat Budha Indonesia (Walubi).

"Lewat doa bersama ini, saya berharap rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan seluruh umat beragama dapat semakin erat," ungkap Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Jakarta, Minggu (5/11).

Khofifah berpesan agar para generasi milenial membangun semangat patriotisme dan senantiasa meneladani jasa para pahlawan bangsa. Peringatan Hari Pahlawan, kata dia, hendaknya menjadi cermin refleksi keteladanan untuk terus bekerja dan meningkatkan produktivitas dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera.

Menurut Khofifah, hari pahlawan harus dimaknai sebagai upaya membangun kesadaran kolektif akan nilai-nilai kejuangan yang diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai dengan perkembangan zaman.

Selepas doa bersama, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa lalu melepas peserta jalan sehat yang terdiri dari berbagai unsur seperti pelajar, keluarga besar Kementerian Sosial, Pramuka, organisasi masyarakat, Komunitas Sepeda Onthel, Kowani, Muslimat NU, Suporter Sepak Bola, Karang Taruna, keluarga pahlawan dan masyarakat umum.

Jalan Sehat tersebut dimulai dari Jalan Imam Bonjol menuju Bunderan HI kemudian ke Jalan MH Thamrin dan berbalik arah di perempatan Sarinah kembali ke Bunderan HI.

Sejumlah lomba turut digelar untuk memeriahkan acara tersebut diantaranya lomba baju adat dan lomba kostum pahlawan. Panitia membagikan banyak hadiah doorprize kepada peserta jalan sehat.

Dirjen Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan di waktu yang bersamaan, jalan sehat kebangsaan juga digelar dibeberapa daerah.

Sementara itu, puncak peringatan Hari Pahlawan akan berlangsung di TMP Kalibata yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada Jum'at, 10 November. Pada saat yang sama juga dilakukan tabur bunga di laut dengan menggunakan KRI Soeharso dipimpin Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Masyarakat diharapkan mengheningkan cipta pada pukul 08.15 waktu Indonesia setempat selama 60 detik sebagai tanda penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan. [nif]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00