Merasa Dicemarkan di Media Sosial, Guru Lapor Polisi

Hukum  SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 17:27:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

Merasa Dicemarkan di Media Sosial, Guru Lapor Polisi
RMOLJabar. Merasa dicemarkan nama baik di media sosial, seorang guru salah satu SMK di Kecamatan Singaparna Kabupaten melapor ke Polres Tasikmalaya, Selasa (14/11).

Guru bernama Saragosa ini merasa harga diri sebagai perempuan dilecehkan karena editan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung  jawab di rekaman video live salah satu media sosial.

"Saya datang untuk melaporkan pencemaran nama baik dengan Undang undang ITE dengan merekam siaran yang sudah lama dan disengaja dan tanpa konfirmasi ke saya dan dengan judul yang menjatuhkan saya," kata Saragosa, Selasa (14/11).

Menurutnya, editan yang berisi kalimat menjatuhkan itu sempat menjadi viral ke berbagai sosial media.

"Terus terang saya sendiri dan keluarga merasa tertekan sampai profesi guru juga diikutsertakan," ujarnya.

Rekaman di salah satu media sosial itu memang diakui Saragosa dilakukan namun bukan saat jam pelajaran berlangsung. Rekaman siaran itu dilakukan sudah lama, dan muncul beberapa waktu lalu dengan dibumbui kalimat yang tidak senonoh.

"Saya kan rekaman, dan saya tidak tahu bahwa saat itu juga ada yang merekam. Oleh mereka itu dipotong potong dan diberi judul yang menjatuhkan," ujarnya.

Dengan kejadian ini, Saragosa meminta maaf kepada seluruh guru di Indonesia. Hal ini bukan disengaja melainkan ada campur tangan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP. Pribadi mengatakan karena keterbatasan perlengkapan IT di Polres Tasikmalaya, Saragoza disarankan untuk melaporkan ke Polda Jawa Barat karena lebih lengkap serta ada Unit Cyber khusus yang menangani.

"Kami sarankan melapor ke Polda Jawa Barat, karena memang di sini belum ada tim cyber khsusus," pungkasnya. [nif]

Komentar Pembaca
Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Perluas Komitmen UMKM

Perluas Komitmen UMKM

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 06:48:00