Dorong Ekonomi Maritim, Pemerintah Moratorium Kapal Asing

Ekbis  SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 23:59:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Dorong Ekonomi Maritim, Pemerintah Moratorium Kapal Asing
RMOLJabar. Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan moratorium untuk kapal asing yang berukuran 30 Gpk.
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan kebijakan itu di keluarkan karena ekspor ikan minim dan berkurangnya jumlah nelayan di Indonesia.

"Tujuan kebijakan ini untuk memajukan ekonomi kemaritiman," kata Susi saat mengisi Kuliah Umum di Universitas Pasundan, Bandung, Selasa (14/11).

Selain itu, kata Susi, Pemerintah juga melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengeluarkan kebijakan untuk menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan upaya untuk melindungi kekayaan alam Indonesia. Meskipun hal itu mendapat beragam tanggapan dari berbagai kalangan.

Kesadaran menghentikan tindakan ilegal itu diapresiasi oleh masyarakat, dengan begitu Indonesia merupakan negara yang pantas dan patut dihormati di mata dunia.

"Meskipun ada sebagian yang mencibir tindakan saya itu. Bukan sekedar ditenggelamkan saja, tapi ini demi kedaulatan bangsa," tuturnya.

Dia menambahkan, kebijakan tersebut merupakan salah satu tata kelola pemerintahan di dunia dan bentuk toleransi antar negara.

"Saya pikir itu keindahan tata kelola pemerintahan di dunia. Itu lah toleransi dari antar negara. Mereka sudah sadar bahwa mencuri ikan itu bukan bagian dari kerjasama antar negara," pungkasnya. [gus]

Komentar Pembaca
Pecat Anak Buah Surya Paloh!

Pecat Anak Buah Surya Paloh!

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00