Kang Dedi
Kang Emil

PDIP Ngotot Pertahankan Aturan Motor Dilarang Lewat Thamrin

Politik  MINGGU, 19 NOVEMBER 2017 , 10:48:00 WIB

PDIP Ngotot Pertahankan Aturan Motor Dilarang Lewat Thamrin

Net

RMOLJabar. Rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghapus aturan yang melarang sepeda motor melintas di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat, memperoleh penolakan dari Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta.

Fraksi partai berlambang banteng moncong putih itu menilai pencabutan larangan sepeda motor akan membuat jalan protokol semrawut.

"Sepeda motor harus tetap dilarang," kata Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, William Yani, Jumat (17/11).

Pria yang akrab disapa Willi itu menuturkan, Fraksi PDIP menolak wacana pencabutan larangan melintas sepeda motor karena masih berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 141 Tahun 2015 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

"Peraturan Gubernur Nomor 141 Tahun 2015 mengacu kepada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi dan perwujudan salah satu kekhususan Provinsi DKI Jakarta," ujar Willi.

Sementara itu, Pengamat Perkotaan Sugiyanto menilai, larangan sepeda motor melintas di sejumlah ruas jalan utama di ibukota, bisa diartikan sebagai kekerasan kepada warga Jakarta yang berada pada kelas menengah ke bawah.

Sehingga sudah seharusnya kebijakan yang dikeluarkan mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama itu dicabut. "Rencana Anies mencabut larangan motor sudah tepat, sebaiknya DPRD mendukungnya," pinta dia.

Larangan itu, sambung Sugiyanto, dianggap sebagai suatu kekerasan kelompok kaya kepada warga kebanyakan. Itu terbukti dengan efek kebijakan itu telah berdampak banyak kalangan masyarakat kecil yang sehari-harinya beraktivitas dan bekerja menggunakan sepeda motor menjadi terbatasi.

"Sebaiknya pencabutan larangan itu secepatnya dilakukan," tegas Sugiyanto.[bon/rmol]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00