Empat Juta Pelancong Kunjungi Purwakarta

Webtorial  SENIN, 20 NOVEMBER 2017 , 16:15:00 WIB | LAPORAN:

Empat Juta Pelancong Kunjungi Purwakarta
Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta dari tahun ke tahun terus meningkat.

Kondisi ini terjadi sejak pemerintah setempat melakukan pemolesan dan pengembangan di sejumlah lokasi pariwisata menjadi lebih indah.

Bahkan, kunjungan wisatawan di tahun ini melebihi target yang ditentukan. ‎Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) setempat mencatat, di 2017 ini kunjungan wisatawan mencapai empat juta pengunjung, dari target yang hanya tiga juta orang.

Kepala Bidang Pariwisata, Disporabudpar Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan,‎ sejak beberapa tahun terakhir pemeritah rerus berkomitmen untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Alhasil, saat ini di Purwakarta banyak pilihan lokasi wisata y‎ang bisa dikunjungi‎.

"Potensi pariwisata di kita cukup melimpah," ujar Heri, Senin (20/11).

Heri menjelaskan, saat ini destinasi wisata di wilayahnya mencapai 45 lokasi yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada. Dengan kata lain, ada penambahan sebanyak 13 lokasi dibanding dua tahun sebelumnya.

"‎Di 2015 lalu, destinasi wisata yang ada hanya 32 lokasi. Setiap tahun ada penambahan. Sampai saat ini sudah ada 45 lokasi wisata. Kebanyakan sih wisata alam, dan selebihnya kuliner dan wisata religi," tambah dia.

Menurutnya‎, dengan banyaknya tepat wisata primadona lainnya, pihaknya memprediksi jumlah kunjungan wisatawan akan lebih meningkat lagi.

Jika jumlah pengunjung terus meningkat, akan membuat roda perekonomian masyarakat semakin berputar cepat dan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Purwakarta.‎

Pihaknya memprediksi, jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat lagi. Saat ini saja, hampir setiap pekan kunjungan wisatawan domestik maupun asing yang datang ke Purwakarta mencapai 30 ribu orang.

"‎Itu yang datang ke Taman Sri Baduga saja. Belum yang ke lokasi wisata lainnya," terang dia.

Makanya, ‎menurut dia‎, target kunjungan wisata sebanyak itu tidak muluk-muluk. Karena sudah diperhitungkan dan ini sangat rasional.‎

Justru, yang terjadi saat ini tingkat kunjungan wisatawan ini malah melebihi target yang ditentukan. Adv/RMOLJabar

Komentar Pembaca
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak
Pelantikan Kasal

Pelantikan Kasal

KAMIS, 24 MEI 2018 , 02:02:00

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

SABTU, 26 MEI 2018 , 06:01:00