Kang Dedi
Kang Emil

Sintal & Enerjik Berkat Belly Dance

Ragam  RABU, 22 NOVEMBER 2017 , 07:30:00 WIB | LAPORAN: DINI YUSTIANI

Sintal & Enerjik Berkat Belly Dance
RMOLJabar. Belakangan, tarian belly dance semakin akrab saja di telinga. Liukan sensual asal Timur Tengah ini juga akrab dijuluk tari perut. Atraksi olahraga berbau seni khas arab ini, kerap menyedot perhatian penonton karena dukungan kostumnya yang menggoda dan gaya tari yang enerjik.

Betapa tidak,  keindahan tarian ini kian mengemuka kala seorang belly dancer membalut tubuhnya dengan halter Top atau baju penutup atas yang berhias ornamen koin " koin. Saat perut meliuk, kontan saja baju inimenciptakan suara gemerincing. Seperti lazimnya belly dance, bagian perut dan pusar pun wajib dipamerkan agar penonton bisa menyaksikan getaran otot perut saat digerakkan.

Belly dance, konon adalah tari tertua di dunia, hal ini di buktikan dengan penemuan sebuah gambar relief manusia dengan posisi mirip gerakan tari perut pada tahun 1400 sebelum Masehi. Keunikan dari tarian ini, berpusat pada aksi gerakan otot perut yang simultan sepanjang musik dimainkan. Semakin kencang perut digerakkan, maka getaran ini pun semakin memikat perhatian.

Setiap gym atau pusat kebugaran sekarang sudah menempatkan belly dance sebagai kelas khusus. Seperti layaknya aerobic, tari perut ini dihelatkan sebagai jenis fitness yang diperuntukkan bagi kesehatan dan penurunan berat badan. Bahkan, dibina langsung oleh pelatih professional,” ujar Manager Fitness D’Groove Sport Center, JuliusPakpahan.

Namun demikian, lanjut Julius, jika dipandang sebagai olahraga, menari perut tak sepenuhnya harus memenuhi kriteria sempurna. Dengan bermodalkan keuletan, naluri untuk menggerakan seluruh otot tubuh serta semangat, latihan ini dijamin menghasilkan keringat yang luar biasa.

Kalau dibawa have fun, sambil menikmati musiknya, pasti bisa membakar lemak. Untuk pemula, lebih baik nikmati saja seluruh pola yang diberikan. Lupakan saja dulu obsesi untuk menjadi belly dancer andal seperti layaknya wanita Timur tengah,” akunya.

Tak hanya difungsikan untuk pembakaran, di sejumlah pusat kebugaran khusus wanita, belly dance juga menjadi dasar inspirasi dari metode baru sebuah jenis olah tubuh. Di Helios Fitness Metro Indah Mal, belly dance kerap diikuti oleh wanita dengan rata-rata usia di atas 30-an atau sudah menikah. Bukan tanpa alasan, mereka berlatih tari perut ini sebagai modifikasi belly kegel exercise.

Kolaborasi ini diolah menjadi senam yang dirancang secara khusus untuk membantu pola pembentukan tubuh ideal dengan melatih otot-otot kewanitaan (pubococcygeus muscles). Biasanya, latihan ini dikombinasikan dengan latihan pembentukan otot-otot perut (bellyexercises).
Bentuk tubuh ideal  merupakan nilai tembah tersendiri bagi kaum wanita. Tercapainya tubuh tersebut juga selayaknya ditunjang dengan right posture, sikap tubuh yang benar. Sikap tubuh yang benar ini sering diabaikan oleh banyak orang, dan umumnya mereka tidak menyadari kesalahan-kesalahan sikap tubuh mereka sendiri.

Terkadang kita terjebak dalam kebiasaan sikap tubuh yang salah. Bungkuk, bengkok ke samping dan sikap lain yang menyebabkan postur kita jadi tidak tegak. Nah dengan belly dance yang dicampur dengan kegel ini semua kekurangan ini bisa diperbaiki,” ujar Yeni, pekerja swasta yang kerap berlatih Belly dance di Helios Fitness.

Selain itu ia bercerita, belly kegel exercise ini melatih dan mengkontraksikan secara konsisten PC muscle dan otot-otot disekitar perut (belly), ditambah dengan kontrasi dan latihan optimal yang ditujukan langsung pada otot-otot tubuh yang akan dilatih. Semisal. otot lengan, payudara, paha dan betis. Sementara untuk vitalitas organ kewanitaan, belly ini pun bisa dipaduka dengan gerakan PC muscle yang sensasinya dijajal dengan cara menahan aliran kemih ketika sekresi.

Jika ingin mengetahui secara pasti bagaimana gerakan belly kegel ini,baiknya berlatih dulu secara intensif agar menghindari cedera perut bawah. Jadi,  berkonsultasi terlebih dulu dengan Instruktur senam untuk mendapatkan pola gerakan yang tepat. [gus]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00