Pilkada 2018, PWI Jabar Imbau Wartawan Netral dan Hantam Hoax

Politik  SELASA, 05 DESEMBER 2017 , 23:04:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Pilkada 2018, PWI Jabar Imbau Wartawan Netral dan Hantam Hoax

Mirza Zulhadi

RMOLJabar. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 sudah mulai memanas, hembusan isu dari para tim pendukung dari masing-masing kandidat mulai bertebaran, sehingga perlunya pengawasan bahwa Pilkada Jabar harus memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Berbicara Pilkada pun tentunya tidak akan lepas dari peran media massa, maka dari itu media menjadi salah satu faktor terpenting dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui lisan ataupun tulisan yang lahir dari para wartawan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat Mirza Zulhadi mengimbau, kepada seluruh wartawan untuk memberikan informasi yang faktual dan harus bersifat netral. Jangan sampai wartawan masuk menjadi salah satu tim kampanye dari pasangan calon kandidat, maka hal tersebut telah melanggar kode etik jurnalistik

"Kita sebagai wartawan yaitu harus netral tidak boleh berpihak. Dan kedua yang saya ingatkan kalau kita menjadi tim kampanye satu kandidat apapun itu tidak dibenarkan secara organisasi, bahkan media yang menjadi tempat wartawan itu bekerja punya mekanismenya sendiri dalam menindak wartawan yang masuk sebagai tim kampanye," ujar Mirza saat konfrensi pers di Hotel Marbella Bandung, Selasa (5/12).

Selain itu lanjut Mirza, dalam Pilkada kita juga akan berhadapan dengan yang namanya berita-berita hoax, dimana dalam pilkada yang dilaksanakan berita-berita hoax sering bertebaran dan memberikan dampak yang luar biasa kepada masyarakat. Bahkan berita hoax tersebut telah di set up oleh para tim atau simpatisan kandidat calon.

"Saat ini kita berhadapan dengan kondisi baru yaitu mengenai berita-berita hoax yang besar kemungkinan di set up oleh para kandidat atau simpatisan," tegasnya.

Dengan demikian kata dia, mari ciptakan Pilkada 2018 ini dengan baik, yakni netralitas wartawan harus dan dijaga, dan berita-berita hoax harus di lawan. [jar]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00