Yoga Akrobatik Ala Anti Gravity

Olahraga  KAMIS, 07 DESEMBER 2017 , 08:55:00 WIB | LAPORAN: DINI YUSTIANI

Yoga Akrobatik Ala Anti Gravity
RMOLJabar. Yoga selalu ditasbihkan sebagai olahraga meditasi. Namun itu anggapan lama. Di tangan Christopher Harrison, olah tubuh bertitel anti gravity yoga, hadir dengan gerak atraktif, bahkan bergaya akrobatik. Latihannya, identik dengan posisi tubuh melawan gravitasi. Mendapuk media kain yang digantung di atas tiang, Anda pun siap mengayun-ayunkan tubuh, sambil menuai gelak tawa.

Ya, antigravity yoga memang jitu dalam urusan mengendurkan otot ketegangan dan stres. Betapa tidak, gerakannya yang ekspresif mengingatkan kita akan nostalgia bermain ayunan di masa kecil. Sangat masuk akal jika olahraga ini diklaim  membuat awet muda.

Bugar ala anti gravity, pertama kali diciptakan oleh Christopher Harrison. Sebelumnya, ia adalah seorang atlet senam kaliber dunia asal New York yang sempat didera cedera. Untuk merehabilitasi rasa nyerinya, pada awal tahun 1990-an ia berkunjung ke India, dan menemukan gerakan kolaborasi antara yoga dan senam akrobatik. Simpulnya, Christopher menemukan proses penyembuhannya yang cepat lewat anti gravity yoga.

Namun karena dia seorang entertainer, ia akhirnya menggabungkan yoga dengan beberapa jenis olahraga dan tarian. Sebut saja akrobatik, senam, pilates, aerial dance serta yoga. Namun Kunci untuk melakukan olah raga ini adalah fokus dengan setiap gerakan di atas kain yang menggantung. Awalnya, olah tubuh ini akan menguji keberanian Anda untuk melakukan berbagai manuver ekstrem. Misalnya salto, jungkir balik, sikap lilin hingga menempatkan kepala di bawah, namun sama sekali tak menyentuh lantai.

"Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari anti gravity yoga. Selain untuk meningkatkan metabolisme dan melancarkan peredaran darah, yoga ini akan membuat kulit tampak lebih segar, awet muda dan bisa mengembalikan postur tubuh ke bentuk semula, membentuk otot, sampai melepaskan stres," ujar Level 5 Anti gravity yoga instructure, Stephanie Lauw di Svarga Wellness Centre, Setiabudi Bandung.

Sthepanie bercerita, mereka yang masih awam dengan anti gravity yoga pasti dikecam ketakutan saat harus menggelantung di atas hammock atau kain penopang. Namun ketika tubuh sudah lentur, seketika Anda pun akan menikmati setiap gerakannya. Meski bukan atlet andal, dengan sendirinya tubuh akan lebih fleksibel mengikuti arahan instruktur profesional.

"Saat pertama kali latihan, saya juga keringat dingin saat harus mengangkat tubuh, lalu menjatuhkannya ke bawah dengan bantuan hammock. Tapi ketika sudah muncul keberaniaannya, justru olahraga ini membuat ketagihan. Dengan sendirinya tubuh akan paham, saat posisi kita melawan gravitasi bumi," beber Stephanie.

Tak sebatas olahraga, anti gravity yoga juga kental dengan cita rasa seni. Bahkan, di Amerika  yoga ini banyak digunakan dalam berbagai konser dan perhelatan. Sederet konser besar pun tercatat menggunakan pentas tarian modifikasi anti gravity yoga. Sebut saja Mariah Carey, Gwen Stefani, Pink, sampai fashion show lingerie Victoria Secret juga pernah melibatkan yoga yang satu ini.

Instruktur bersertifikasi New York ini juga memaparkan, banyak gerakan yang ditawarkan anto gravity. Namun gerakan jungkir balik hampir mendominasi di setiap sesi latihan. Selama durasi satu jam, para penikmat anti gravity akan melakoni berbagai gerakan inti. Bahkan ada lebih dari 100 posisi stretching yang dipamerkan.

"Menggantung dengan kepala terbalik bermanfaat menyeimbangkan tubuh, menguatkan otot perut, dan melenturkan susunan tulang belakang. Gerakan jungkirbalik headstand dan handstand. Karena senyum dan ketawa terus, olahraga ini ampuh juga untuk melepas ketegangan, memperbaiki hormon, dan melancarkan peredaran darah," ungkapnya.

Hammock yang terbuat dari kain sutera, kata Stephanie justru akan memudahkan setiap gerakan yang dianggap menakutkan. Seperti layaknya kepompong, tubuh pun akan dibalut dengan amannya saat kita melakukan berbagai gerakan. Tak terasa, meski latihannya nampak santai, anti gravity yoga juga sanggup membakar lemak di tubuh dalam sekali latihan.

Tak kalah penting, yoga modifikasi ini juga terbukti dapat merenggangkan kembali susunan tulang belakang. Beberapa orang yang sempat mengalami gangguan syaraf otot kejepit, dapat kembali pulih setelah rutin melakukan anti gravity.

Melakukan anti gravity yoga juga terbilang sederhana. Anda cukup mengenakan celana stretch fit dan bertelanjang kaki saat berlatih. Patuhi semua arahan dari instruktur dan usahakan untuk melakoninya dengan penuh keceriaan. [bon]

Komentar Pembaca
Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB
Jatuh Sakit, Wagub Uu Jalani Operasi

Jatuh Sakit, Wagub Uu Jalani Operasi

Peristiwa17 November 2018 04:35

Dewan Prihatin Sekda Kab Tasik Ditahan

Dewan Prihatin Sekda Kab Tasik Ditahan

Politik15 November 2018 20:51

Nominal Bantuan PKH Tahun 2018 Berkurang

Nominal Bantuan PKH Tahun 2018 Berkurang

Ragam17 November 2018 18:19

Lambang Maung Bodas Di PJU Kok Dicopot?

Lambang Maung Bodas Di PJU Kok Dicopot?

Peristiwa16 November 2018 16:08

Korupsi Dana Hibah, Sekda Kab Tasik Ditahan Polda Jabar
PLTA Cirata Masuki Usia 30 Tahun

PLTA Cirata Masuki Usia 30 Tahun

Ragam21 November 2018 15:48

Gempungan, Ikhtiar Pemkab Sejahterakan Rakyat

Gempungan, Ikhtiar Pemkab Sejahterakan Rakyat

Pemerintahan21 November 2018 15:33

Bawaslu Ajak ASN Awasi Pemilu

Bawaslu Ajak ASN Awasi Pemilu

Politik21 November 2018 15:18

ASN Tak Netral, Fahmi Belum Dapat Rekomendasi Bawaslu
Bawaslu Awasi DPT Ganda

Bawaslu Awasi DPT Ganda

Politik21 November 2018 14:47