Kang Dedi
Kang Emil

Karawang Raih Penghargaan Revitalisasi Program KB 2017

Pemerintahan  KAMIS, 07 DESEMBER 2017 , 16:15:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Karawang Raih Penghargaan Revitalisasi Program KB 2017
RMOLJabar.  Kabupaten Karawang kembali meraih penghargaan atas "Inovasi Dalam Revitalisasi" di era desentralisasi dari Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP) dalam acara Lokakarya Nasional Dalam Pembelajaran dan Keberlanjutan Advokasi Revitalisasi KB Tahun 2017.

Penghargaan diberikan bertempat di Pendopo Pemprov Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Ketua YCCP Sugiri Syarief.mengatakan, sejak berdiri pada tahun 2008, YCCP telah fokus dalam mendukung revitalisasi program KB di Indonesia.

"Saat ini, YCCP telah bermitra dengan kabupaten dan provinsi untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan di Indonesia dalam melaksanakan berbagai program yang terkait dengan kesehatan dan keluarga berencana," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Karawang  Cellica Nurrachadiana mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP) yang bekerjasama dengan BKKBN pusat kepada Kepala Daerah yang mempunyai komitmen untuk melakukan revitalisasi program KB di era desentralisasi di tingkat Kabupaten.

Untuk mensukseskan program KB, Pemkab Karawang melakukan revitalisasi Program KB dalam bentuk inovasi dan advokasi KB melalui Program Rutin Tahunan Pemkab Karawang yaitu Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), dalam kegiatan tersebut DPPKB Karawang turut andil untuk mensosialisasikan dan melakukan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) kepada masyarakat antara lain dengan alat kontrasepsi IUD dan implan.

Capaian peserta KB baru MKJP kegiatan PATEN tahun 2015 mencapai 1083 orang, meningkat di tahun 2017 mencapai 1179 orang, secara perhitungan presentase naik hingga 14,66%.

Jadi, masyarakat Kabupaten Karawang sadar akan pentingnya Keluarga Berencana. Selain itu, pelaksanaan program KKBPK dalam Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) memberikan penghargaan kepada Peserta KB Lestari 20, 15, dan 10 Tahun, Keluarga Harmonis Tingkat Kecamatan, Peresmian Kampung KB, Kepala Desa Peduli KB, Bidan Peduli KB, Penyerahan KIT untuk Kelompok Kegiatan Ketahanan Keluarga, dan Penyerahan Bibit Tanaman Kepada Peserta KB Lestari. [nif]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00