Wabup Bandung: Kabupaten Bandung Selalu Dihadapkan Masalah Air

Peristiwa  KAMIS, 07 DESEMBER 2017 , 17:01:00 WIB | LAPORAN: FARAN

Wabup Bandung: Kabupaten Bandung Selalu Dihadapkan Masalah Air

ilustrasi

RMOLJabar. Kabupaten Bandung selalu dihadapkan pada permasalahan seputar air. Ketika hujan air mudah sekali meluap dan ketika musim kemarau justru malah kekeringan.

Belum lagi, isu penurunan kualitas air juga kerap terjadi akibat masih banyak para pelaku industri yang tidak sadar lingkungan dengan membuang limbah cair yang dihasilkan ke sungai dan DAS Citarum.

Wakil Bupati Bandung, Gungun, lalu memaparkan data dari 169 industri yang menghasilkan limbah cair; 96 industri taat administrasi, 104 taat teknis dan 26 yang taat keseluruhan.

Jadi, ini masih PR bagi kami. Makanya tadi tidak akan ada bantah membantah. Memang itu adanya,” ujar Gungun, Kamis (7/12) di Soreang.

Pemerintah Kabupaten Bandung pernah melakukan upaya pembinaan dan pendataan bagi industri polutif yang akan melalukan recycle.

Beberapa industri tekstil di daerah Kab. Bandung juga pernah dihimbau untuk merelokasi pekerjaan dari tekstil ke garmen sehingga tidak ada limbah. Sementara untuk proses produksi tekstil harus dikhususkan berada di wilayah berkumpulnya industri tekstil sehingga IPAL-nya bisa diolah di IPAL terpadu.

Namun hal itu menjadi sangat sulit, karena bagi mereka para pengusaha tekstil akan menjadi cost yang tinggi dengan memindahkan pabriknya itu.

Sehingga mereka tidak mau lokasi kawasan tersendiri dan IPAL terpadu. Dan ancamannya bagi kami Pemerintah Kabupaten Bandung adalah terjadinya PHK besar-besaran. Itu yang paling berat. Mungkin perasaannya harus dirasakan juga oleh bapak ibu semuanya,” tutur Gungun.

Beberapa dari industri yang nakal dan tetap melakukan pelanggaran telah diberikan sanksi oleh Pemkab Bandung, bahkan diantaranya yang sudah terbukti melakukan perusakan lingkungan sudah dimeja hijaukan.

Namun terkadang berhasil di daerah, namun tidak lolos ketika naik banding ketika di pengadilan yang lebih tinggi. Sehingga kita dikalahkan,” ungkapnya.

Bagi Gungun permasalahan lingkungan di Kab Bandung ini harus diatasi dengan sinergitas yang dibangun antara stake holder pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Pemerintah provinsi dan pusat, harus memfasilitasi kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan jangan sampai program kerja tidak bersinergi dengan realisasi perencanaannya. [nif]



Komentar Pembaca
Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

JUM'AT, 20 APRIL 2018 , 12:51:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00