Natal dan Tahun Baru, BI Cadangkan Uang Kartal Rp 8,1 Triliun

Ekbis  SENIN, 11 DESEMBER 2017 , 20:33:00 WIB | LAPORAN: DINI YUSTIANI

Natal dan Tahun Baru, BI Cadangkan Uang Kartal Rp 8,1 Triliun

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat

RMOLJabar. Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat menyiapkan modal kerja Rp 8,1 triliun untuk menjamin kebutuhan uang kartal menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Bank sentral memperkirakan, tahun ini kebutuhan uang rupiah akan mencapai Rp 3,25 triliun.

"Untuk memenuhi lonjakan kebutuhan uang kartal dalam masa liburan Natal dan Tahun Baru, kami menyediakan dana Rp 8,1 triliun atau lebih dari 2 kali lipat jumlah yang dibutuhkan masyarakat. Kami menjamin ketersediaan ini baik dari sisi redonominasi maupun nilai," ujar Wiwiek di BI Kwp Jabar, Senin (11/12).

Jelas Wiwiek, tahun ini ketersediaan uang kartal mengalami peningkatan sebesar 43,3 persen dari tahun sebelumnya. Tahun 2016, jumlah uang yang disiapkan hanya Rp 2,3 triliun. Namun ia mengimbau kepada perbankan yang menjadi mitra BI di 27 Kabuoaten Kota agar mengeluarkan uang yang layak edar di masyarakat.

"Lonjakan permintaan uang kartal di saat hari raya memang lazim terjadi, sehingga kami wajib menambah jumlah ketersediaannya kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi," ucapnya.

Selain memenuhi lonjakan permintaan.di saat masa liburan hari raya, BI juga secara rutin mendistribusikan hang kartal untuk berbagai kepentingan, seperti pemenuhan setiap ATM yang tersebar di Jabar serta stok penggajian bulanan. [jar]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00