Kang Dedi
Kang Emil

Pemkot Cimahi Terus gali PAD Retribusi Parkir

Pemerintahan  SENIN, 11 DESEMBER 2017 , 23:17:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Pemkot Cimahi Terus gali PAD Retribusi Parkir

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Terbatasnya luas wilayah yang dimiliki Kota Cimahi yakni hanya 48,2 kilometer persegi, tak menyurutkan Dinas Perhubungan Cimahi untuk terus menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi Parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ison Suhud mengatakan pihaknya akan melakukan kajian untuk memaksimalkan penerimaan PAD sektor pajak dan retribusi. Kajian titik parkir baru maupun memaksimalkan titik yang ada.

"Saat ini potensi parkir yang masih belum tersentuh itu salah satunya ada di belakang Rumah Sakit Dustira dan Jalan Terusan Jenderal Sudirman. Perlu adanya kajian manajemen pengelolaan parkir yang baik,"ujar Ison, Senin(11/12).

Ison menjelaskan, saat ini terdapat 120 titik dengan juru parkir mencapai 190 orang. Sedangkan PAD setiap tahunnya hanya berkutat dikisaran Rp460 juta.

"Kami akan siapkan manajemen perparkiran. Nanti dari kajian ini diharapkan agar semua pengelolaan parkir berlangsung tertib. Kemudian dari sisi penerimaan dapat dipertanggungjawabkan," tuturnya.

Rencananya, kata dia, kajian yang akan dilakukan oleh tim konsultan meliputi, kajian potensi titik parkir yang baru maupun yang sudah ada. Nantinya, kajian pengelolaan parkir bisa dilimpahkan ke pihak ketiga atau tetap dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi

"Hasil kajian akan dituangkan dalam Perda (Peraturan Daerah) atau Perwal (Peraturan Wali Kota). Untuk sementara, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir di tepi jalan atau on street bisa mencapai Rp1 miliar lebih per tahunnya," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00