Realisasi BPHTB Karawang Sudah 80 Persen

Pemerintahan  SENIN, 11 DESEMBER 2017 , 23:32:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Realisasi BPHTB Karawang Sudah 80 Persen

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karawang, mencatat realisasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mencapai Rp 238 miliar. Tingginya realisasi itu disebabkan adanya proyek nasional kereta cepat dan perluasan industri di kawasan.

Kabid PBB dan BPHTB, Bapenda Karawang, Yayat Hidayatullah mengatakan, kendati sampai saat ini realisasi untuk BPHTB baru mencapai 80 persen atau Rp 238 miliar dari target Rp 285 miliar dalam setahun.

"Meski begitu, capaian 80 persen itu cukup besar karena BPHTB itu tidak bisa diprediksi. Sebab bagaimana transaksi tanah yang ada di Karawang," katanya.

Dikatakan, tingginya realisasi BPHTB itu sangat ditopang oleh adanya proyek nasional kereta cepat dan banyaknya perluasan industri serta pembukaan industri baru di kawasan. Sebab jika BPHTB mengandalkan transaksi perorangan itu pendapatannya tidak signifikan.

"Selain itu, adanya investasi perumahan ikut juga mendongkrak pendapatan dari BPHTB," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Yayat, untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sudah mencapai Rp 192 miliar dari target Rp 226 miliar. Meskipun jika mengacu pada penetapan APBD murni tahun 2017 sudah melebihi target yaitu Rp 188 miliar, tapi karena ada perubahan maka target belum tercapai.

"Kami sudah berusaha untuk mencapai target, tapi tingginya perubahan pendapatan juga ikut memberatkan kami," katanya.

Ia menambahkan, realisasi PBB juga di dorong oleh perusahaan, kendati dari masyarakat juga ada tapi tidak terlalu signifikan pendapatannya.

"Kami akan terus mendorong pendapatan sampai akhir tahun anggaran, sebab masih ada waktu untuk memaksimalkan pendapatan," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

JUM'AT, 20 APRIL 2018 , 12:51:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00