Cadangan Beras Pemerintah Melimpah, Disperindag Jabar Segera Operasi Pasar

Ekbis  SELASA, 12 DESEMBER 2017 , 11:14:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Cadangan Beras Pemerintah Melimpah, Disperindag Jabar Segera Operasi Pasar
RMOLJabar. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat akan melakukan operasi pasar untuk komoditas beras jelang akhir tahun 2017.

Kepala Dinas Perindag Jabar, Hening Widiatmoko mengatakan operasi pasar dilakukan khusus beras saja dikarenakan ada cadangan dari Pemerintah. Jadi bukan operasi pasar murah seperti pada saat Ramadhan dan Idul Fitri.

"Operasi pasar akan dilakukan untuk beras cadangan Pemerintah. Jadi bukan operasi pasar murah. Tetap dijual dengan harga yang di bawah harga umum di pasar, karena ini beras cadangan," kata Widi sapaan akrabnya usai inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Sederhana, Bandung, Selasa (12/12).

Widi menjelaskan, stok beras dari cadangan pemerintah akan didistribusikan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Namun, harga yang dijual menggunakan skema di bawah harga pasar.

"Stoknya ada terutama beras, Bulog akan meyiapkan semua yang dibutuhkan, karena stok barang cadangan pemerintah akan dioperasi pasarkan," jelasnya.

Sementara itu, sejauh pantauan Perindag di beberapa pasar Jabar, tidak ada laporan lonjakan harga untuk barang yang rentan. Hanya saja, lanjut Widi, Perindag akan mewaspadai harga di luar pangan misalnya masalah gas.

"Ini masalah distribusi aja tentu. Tapi stoknya saya yakin Pertamina sudah menyiapkan dan masyarakat tidak usah khawatir," pungkasnya.

Perlu diketahui, posisi harga beras premium sedikit mengalami kenaikan. Sebelumnya harga beras premium sekitar Rp 10 ribu, kini sudah mengalami lonjakan diposisi Rp 10.400. [bon]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00