Kemenaker Gelar Tunamen Sepakbola

Ragam  RABU, 13 DESEMBER 2017 , 12:15:00 WIB

Kemenaker Gelar Tunamen Sepakbola

net

RMOLJabar. Kementerian Ketenagakerjaan akan menggelar turnamen sepak bola antar pekerja atau Liga Pekerja Indonesia (LPI). Format berupa turnamen sepak bola mempertandingkan serikat pekerja yang berbasis pada perusahaan.

Rencana tersebut mengemuka saat Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri bertemu mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Kantor Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jalan Raden Saleh Jakarta Pusat, Senin, (11/12).

Menurut Menaker, saat menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009 â€" 2014) Cak Imin menggagas digelarnya Liga Pekerja serta menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan teknis pelaksanaannya.

Namun karena memerlukan persiapan yang panjang dan serius, rencana tersebut belum terlaksana hingga Cak Imin mengundurkan diri sebagai menteri karena dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

"Selain mendiskusikan banyak hal, Cak Imin  bertanya, apakah rencana Liga Pekerja jadi dilanjutkan atau tidak. Nagih ceritanya karena tahun lalu pernah menyampaikan hal itu kepada saya. Gagasan menggelar Liga Pekerja  tersebut dimaksudkan, untuk mempererat komunikasi  antar pekerja, memperkuat hubungan industrial yang harmonis dan produktif, serta menjaga sportifitas lewat olah raga dan sekaligus hiburan," kata Hanif menjelaskan usai pertemuan, seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL

Atas pertanyaan tersebut, Menteri Hanif menyatakan bahwa rencana tersebut terus dipersiapkan dengan matang. Rencananya, Desember 2017, Liga Pekerja sudah kick off. Turnamen ini akan dibuka di di Stadion Glora Delta Sidoarjo.

"Kami selalu melanjutkan kebijakan dan rencana program yang bagus. Termasuk Liga Pekerja yang diinisiasi oleh Cak Imin," katanya.

Liga Pekerja ini kata Menaker, akan diikuti sekitar 544 tim dari seluruh Indonesia. Untuk tahap penyisihan, pertandingan akan di gelar di 34 Provinsi. Sementara, final Liga Pekerja akan menjadi salah satu puncak perayaan Hari Buruh (May Day) 2018.

Selain Liga Pekerja, lanjut Menaker, Kementrian Ketenagakerjaan juga menggagas perayaan Hari Buruh yang diisi  festival kebudayaan.

Dengan festival kebudayaan, peringatan Hari Buruh bisa dinikmati masyarakat luas dengan riang gembira. Teman-teman buruh bisa menyampaikan pesan-pesan perjuangannya ke publik dengan metode yang lebih menarik, ”katanya.

Festival Kebudayaan dan Liga Pekerja diharapkan merubah citra peringatan Hari Buruh yang sebelumnya identik dengan demonstrasi dan kemacetan, menjadi sesuatu yang menghibur dan dinantikan masyarakat. Dengan begitu, simpati publik terhadap gerakan buruh akan dapat ditingkatkan. [nif]



Komentar Pembaca
Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

JUM'AT, 20 APRIL 2018 , 12:51:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00