Verifikasi Faktual, Keterwakilan 30 Persen Perempuan Hurus Terpenuhi

Politik  RABU, 13 DESEMBER 2017 , 17:43:00 WIB | LAPORAN: FARAN

Verifikasi Faktual, Keterwakilan 30 Persen Perempuan Hurus Terpenuhi

Net

RMOLJabar. Empat parpol di Kabupaten Bandung bersiap mengikuti verifikasi faktual. Keempat partai tersebut yakni partai PSI, Garuda, Perindo dan Berkarya.

Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab Bandung Hedi Ardia menyebutkan, bahwa selain sarat keanggotaan pengurus partai, pembuktian kebenaran keterwakilan 30% perempuan juga harus terpenuhi.

"Keterwakilan perempuan 30 persen akan kita periksa, pengurus perempuan dari seluruh kepengurusan parpol yang harus dihadiri pengurus parpol tingkat kabupaten dan yang bersangkutan harus mampu memperlihatkan KTA dan KTP-el," jelas Hedi, Rabu (13/12) di Soreang.

Sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh KPU, kalau satu dari unsur pengurus perempuan berhalangan hadir wajib menyampaikan alasan yang dibuktikan dengan dokumen yang diterbitkan oleh dokter atau instansi berwenang lainnya.

"Sedangkan verifikasi kantor dimaksudkan untuk memastikan keberadaan kantor sesuai dengan alamat kantor yang dimaksud, bahkan petugas juga harus memastikan kelengkapan dan sarana kantornya," ucapnya.

Untuk verifikasi keanggotaan partai politik bisa dipastikan akan menggunakan metode sampel acak sederhana karena anggotanya lebih 100 orang.

Jumlah sampel yang diambil adalah 10% dari jumlah anggota yang diserahkan parpol.

"Kami sih berharap semua komponen bisa ikut terlibat aktif dalam proses verifikasi parpol ini. Panwas sendiri dipastikan akan melakukan pengawasan melekat terhadap verifikator guna memastikan apa yang mereka lakukan telah sesuai aturan," paparnya. [jar]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00