Pengamat: Aa Gym Bisa Mendulang Banyak Suara di Pilgub Jabar

Politik  SENIN, 18 DESEMBER 2017 , 21:10:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Pengamat: Aa Gym Bisa Mendulang Banyak Suara di Pilgub Jabar

Aa Gym/Net

RMOLJabar. Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018 mendatang, Abdullah Gymnastiar atau kerap disapa Aa Gym sempat muncul dan menjadi daya tarik bagi partai untuk dijadikan bakal calon gubernur. Namun seiring berjalannya waktu, Kepala Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu akhirnya memutuskan untuk tidak mengikuti kontestasi politik di Jawa Barat tersebut. Akan tetapi dari hasil beberapa lembaga survey nama Aa Gym kerap muncul. Seperti pada hasil survey yang digagas oleh INSTRAT.

Pakar Politik dan Pemerintahan Universitas Padjajaran Firman Manan menilai, apabila ada satu partai atau kandidat calon yang mampu meminang Aa Gym, maka peluang untuk memenangkan Pilgub Jabar terbuka lebar.

Hal tersebut lantaran Aa Gym mampu mendulang suara yang cukup besar, dengan catatan ada kecocokan di antara Aa Gym dan partai yang bakal mengusungnya. Jika bisa sejalan, maka tentunya bisa mendulang suara yang cukup besar.

"Tapi tidak semua partai bisa meminang Aa Gym. Kita tidak bisa membayangkan misalnya Aa Gym menjadi kandidat yang diusung oleh PDIP. Jadi tentu juga ada keterbatasan-keterbatasan karena tidak bisa semua kandidat meminang Aa Gym," ujar Firman usai menjadi pembicara Konfrensi Pers yang digelar oleh INSTRAT, di Hotel de Pavilijoen Jalan R.E Martadinata Kota Bandung, Senin (18/12).

Kata dia, penilaian dimaksud didasarkan pada tipologi pemilih Jawa Barat yang terbagi kepada dua hal. Pertama adalah pemilih yang tradisional yang mana calon-calon populer berpeluang besar untuk dipilih mereka.

"Kita lihat tahun 2008 dan 2013 muncul ada Dede Yusuf dan Deddy Mizwar. Hal itu memperlihatkan bagaimana pemilih tradisional melihat popularitas calon, dan Aa Gym bagaimanapun hari ini menjadi populer dan kembali populer setelah momentum 212 di Jakarta," ujar Firman.

Selanjutnya, di Jawa Barat terkenal dengan masyarakat yang religius. Sebagai tokoh agama, Aa Gym bisa menjadi pemimpin pantas untuk dipilih.

"Memang nama Aa Gym masuk dalam radar Pilgub, walaupun memang saya melihat semakin kesini kemungkinannya semakin kecil. Tapi kalau sampai bisa masuk akan mengubah peta politik termasuk peta elektabilitas," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad