Bursa Ketua KNP Jabar, Askom Gelorakan Pemuda Hebat Untuk Jawa Barat

Ragam  SELASA, 19 DESEMBER 2017 , 17:31:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Bursa Ketua KNP Jabar, Askom Gelorakan Pemuda Hebat Untuk Jawa Barat
RMOLJabar. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) pada tanggal 21-23 Desember di Bandung.

Tentunya Musda ini akan melahirkan kepemimpinan baru di tubuh KNPI Jabar, sebagai bukti bahwa perkaderan dan estapeta kepemimpinan di KNPI berjalan sesuai dengan konstitusi (AD/ART).

Para calon Ketua KNPI pun bermunculan untuk berlomba dalam memperebutkan kursi nomor satu pemuda di Jawa Barat ini.

Salah satunya adalah Asep Komarudin yang kerap disapa Askom, mendeklarasikan dirinya dan memaparkan visi-misi nya di depan para OKP dan tamu undangan, untuk maju dalam pemilihan Ketua DPD KNPI Jawa Barat Periode 2017-2020.

Askom yang juga merupakan Direktur Eksekutif lembaga survey and consulting Pilkada Landscape Politik Lokal Indonesia memaparkan, hari ini kita harus mengakui bahwa sebagai pemuda kita tidak mempunyai grand design yang jelas, padahal secara kependudukan, pemuda mempunyai kekuatan 35 persen dari masyarakat Jawa Barat, dan ini seharusnya menjadi wadah dalam hal pembangunan.

"Jadi persoalan di kita itu adalah kita tidak punya grand design pembangunan kepemudaan itu arahnya kemana, padahal kita mempunyai kekuatan 35 persen penduduk di Jawa Barat, maka kita harus punya grand design pembangunan kepemudaan yang memang nanti turunannya senantiasa memiliki blue print, yaitu titik fokus apa yang dikejar oleh pemuda tersebut," ujar Askom usai deklarasi di Grand Asrillia Hotel Jalan Pelajar Pejuang Bandung. Selasa (19/12).

Oleh karena itu, ia menawarkan grand design Pemuda Hebat untuk dijadikan sebagai visi-misi dalam membangun pemuda Jawa Barat kedepan.

Dijelaskan Askom,.Hebat itu adalah representasi dari Harmoni dalam kebhinekaan, Empati dalam kebersamaan, Berdikari dalam pemikiran dan pendirian, Aspiratif dalam kebijakan, dan Terdepan dalam kemajuan.

"Saya punya solusi yakni pemuda hebat, pemuda hebat ini memang harus hebat, hebat disini pemuda jawa barat dia harus harmoni dalam kebhinekaan kita harus menjadi simbol pemersatu, KNPI harus bersatu 10 tahun kita diombang-ambing oleh dualisme, dan tahun 2018 sudah saatnya kita menyongsong persatuan," katanya.

Selanjutnya, sebagai pemuda kita harus memiliki sikap empati terhadap pemuda yang lain, artinya kita merasakan apa yang dirasakan pemuda yang lain. Karena empati ini sudah mulai hilang dalam diri pemuda.

"Dalam dunia modern dalam dunia gadget ini kita mati rasa, sepertinya kita semakin maju tapi sebetulnya kita mundur dari sisi empati saling merasakan apa yang dirasakan oleh pemuda yang lain, saya berharap pemuda Jawa Barat kita berempati untuk bisa saling merasakan apa yang dirasakan oleh pemuda yang lain," katanya.

Selain itu, pemuda harus berdikari dalam pemikiran dan gagasan, pemuda itu adalah agen of change, social control dan yang lainnya. Sehingga berdikari ini pemuda lebih bisa hebat dalam kemandiriannya untuk menciptakan karya nyata untuk bangsa dan negara.

"Kalaupun misalnya dalam menggelar kegiatan kita tidak mempunyai anggaran, maka kita harus kuat oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri untuk berdikari dalam pemikiran ataupun gagasan, kita harus punya kemandirian dan integritas," katanya.

Bahkan, kita juga harus mulai mendengar berbagai aspirasi dari berbagai pihak jangan selalu beranggapan paling benar dan paling baik, sehingga harus mereformasi diri menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi hari ini.

"Dan terakhir, kita harus terdepan, tidak hanya terdepan bagi Jawa Barat tapi harus terdepan dari nasional, sehingga kalau mau mempersiapkan pemimpin nasional kelak dari Jawa Barat maka kita harus menjadi pemuda terdepan terlebih dahulu," pungkasnya. [nif]



Komentar Pembaca
Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad