OMSP, Begini Uji Coba Kendaraan Amfibi di Waduk Jatiluhur

Ragam  SABTU, 30 DESEMBER 2017 , 10:53:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

OMSP, Begini Uji Coba Kendaraan Amfibi di Waduk Jatiluhur
RMOLJabar. Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Kadislitbangad), Brigjen TNI Dadang Doetoyo SE memuji kinerja Tim Pendukung Rancang Bangun Kendaraan Darat Air Multiguna untuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di bawah kepemimpinan Kepala Laboratorium-Kepala Pelaksana Kegiatan (Kalakgiat) Kolonel CPL Simon Petrus Kamlasi.

Hal tersebut disampaikan Jenderal Bintang Satu itu saat menyaksikan langsung pengujian kendaraan darat air multiguna untuk OMSP yang digelar di Tanggul Kayat Waduk Jatiluhur, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta yang masuk ke dalam wilayah teritorial Kodim 0619/Purwakarta, belum lama ini.

"Usai diuji coba, kendaraan amfibi ini sudah rampung 80 persen. Masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi. Namun secara keseluruhan saya optimis," ujar Doetoyo.

Dijelaskannya, kendaraan yang merupakan program rekayasa materiil Litbanghan Dislitbangad Tahun Anggaran 2017 ini masih belum diberi nama khusus.

"Kami masih menyebutnya sebagai Kendaraan Darat Air Multiguna OMSP. Ada pun uji fungsi yang digelar hari ini bertujuan untuk mendapatkan saran, masukan, dan tanggapan dari seluruh peserta yang hadir sesuai dengan fungsinya masing-masing," katanya.

Kendaraan amfibi yang ide awalnya murni berasal dari pengalaman Kadsilitbangad selama bertugas di berbagai daerah tersebut, dirancang sebagai sarana transportasi yang dapat digunakan dalam pelaksanaan tugas-tugas OMSP.

"Di antaranya untuk melaksanakan tugas perbantuan dan pertolongan (search and rescue), penyeberangan terbatas untuk pulau-pulau kecil yang berdekatan, sebagai basic kendaraan ponton, dan juga bisa berfungsi sebagai panggung hiburan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga berpesan kepada para pejabat internal Dislitbang untuk menggunakan momentum kegiatan rekayasa seperti pembuatan kendaraan amfibi ini, untuk meningkatkan kemampuan di bidang otomotif, hidrolik, pneumatik, dan keterampilan pengoperasian peralatan bengkel rekayasa.

"Hasi evaluasi dari kegiatan ini agar dijadikan patokan untuk memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Terus wujudkan pula kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kemampuan Dislitbangad, dan lakukan pengembangan lanjutan secara logis untuk meyakinkan pimpinan menuju pengembangan teknologi industri pertahanan dan produksi massal," ucapnya. [bon]



Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00