Bobotoh KBB Akan Bangun Taman Makam untuk Para Pahlawan Persib

Olahraga  SABTU, 30 DESEMBER 2017 , 17:17:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Bobotoh KBB Akan Bangun Taman Makam untuk Para Pahlawan Persib
RMOLJabar. Persib Bandung merupakan klub sepakbola yang paling dicintai oleh masyarakat Kota Kembang ini, pasalnya klub yang dijuluki Maung Bandung ini mempunyai jutaan supporter dan menjadi salah satu pendukung terbanyak di Indonesia.

Sehingga, dengan berbekal kecintaannya terhadap Persib, sekelompok Bobotoh asal Kabupaten Bandung Barat menginisiasi ide pembangunan Taman Makam Pahlawan Persib (TMPP).

Makam ini nantinya dijadikan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi para tokoh pemain, pelatih, suporter atau siapapun yang memiliki jasa besar bagi klub Maung Bandung.

Inisiator TMPP, Gani Permana mengatakan, dirinya bersama kawan-kawan pecinta Persib sudah menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membeli sebidang tanah pemakaman tersebut. Tanah makam ini nantinya berada di kawasan Cikuda, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Ia akan menempatkan TMPP ini di sebelah barat Kota Bandung, karena ingin lahirnya sebuah maskot Persib di Kabupaten Bandung Barat, seperti halnya Kabupaten Bandung dengan Stadion Si Jalak Harupat, dan Kota Bandung dengan Stadion GBLA.

"Dengan tekad bersama kita sengaja masih menyisihkan penghasilan bersama untuk membuat suatu karya yang belum ada sebelumnya. Tujuan membuat TMPP itu dengan meninggalnya Kang Ayi Beutik, meninggalnya Rangga, kita itu seperti kehilangan momen hanya sebulan dua bulan selesai," ujar Gani kepada RMOLJabar. Sabtu (30/12).

Selanjutnya, TMPP akan ini juga akan dibangun di atas lahan seluas 1 hektare, akan tetapi menurutnya, tahap awal sendiri diprioritaskan untuk pembebasan tanah seluas setengah hektare terlebih dahulu. Jika tidak ada aral melintang, maka akhir 2018 taman makam ini bisa mulai dibangun.

"Dana dari rekan-rekan kita sudah ada, tapi kalau ada donasi yang masuk kita terbuka. Untuk sekarang administrasi pembebasan lahan masih diupayakan, dana sekarang yang ada untuk pembebasan lahan," jelasnya.

Untuk memperkuat taman makam yang identik dengan Persib Bandung, Gani dan teman bobotoh lainnya juga akan membuat monumen patung setinggi 3,3 meter sebagai simbol tahun lahirnya Pangeran Biru tahun 1933. Selain itu, sebuah museum Persib juga akan didirikan.

Sedangkan terkait kriteria siapa saja yang bisa dimakamkan di TMPP ini, Gani akan membentuk Dewan Pemilihan yang anggotanya berasal dari Manajemen Persib dan sejumlah pentolan suporter.

Adapun sejauh ini Gani belum melakukan komunikasi dengan pihak Persib, tapi jika ada salah satu perwakilan yang ingin berkontribusi atau mendukung, Gani dan kawan-kawan sangat terbuka.

"Kita baru inisiatif, kita tidak terkait dengan manajemen, dengan Viking atau Bomber, tapi kalau dari pihak manajemen menghubungi kita untuk mendukung lebih sukses, kenapa tidak?. Kita sebagai inisiator saja, bukan hanya konsep, tapi kita sediakan lahan juga," paparnya.

Oleh karena itu, dengan tercetusnya ide membuat Taman Makam Pahlawan Persib, Gani berharap persembahannya dapat diterima khususnya oleh seluruh pahlawan Persib, Bobotoh, pecinta sepakbola dan masyarakat Jawa Barat.

"Saya yakin Taman Makam Pahlawan Persib ini hal baru di Indonesia, bahkan mungkin di dunia, jadi kita cari sesuatu yang baru tapi sangat bermanfaat, kita ingin berikan suatu penghargaan yang luar biasa," pungkasnya.[gun]

Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00