Antisipasi Kerawanan Pilkada, Polres Cirebon Kota Terjunkan 700 Personil

Pemerintahan  JUM'AT, 05 JANUARI 2018 , 12:56:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Antisipasi Kerawanan Pilkada, Polres Cirebon Kota Terjunkan 700 Personil
RMOLJabar. Polres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid AB menyebutkan untuk mengantisipasi berbagai macam kerawanan yang bakal muncul di Pilkada Serentak 2018, telah disediakan 700 personil kepolisian.

"700 personil dibantu dengan instansi lain, sebelumnya juga tahapan pengamanan sudah mulai. Seperti rekan-rekan ketahui bahwa Polres Cirebon Kota sudah melaksanakan Sispamkota beberapa waktu yang lalu," sebut Adi Vivid di Alun-Alun Kejaksan kota Cirebon, Jum'at (5/1).

Adi Vivid membeberkan beberapa jenis kerawanan yang mungkin terjadi di Pilkada Serentak 2018, selain gangguan teroris. Pertama, kata Adi Vivid, kerawanan di media sosial. Kalau dulu, sambungnya, mungkin medsos belum terlalu rentan, tapi sekarang orang banyak mudah terprovokasi oleh konten-konten atau kampanye melalui media sosial.

"Oleh karena itu, Polres Cirebon Kota jauh-jauh hari sudah membentuk Tim Cyber Patroli. Polres Cirebon Kota punya Tim khusus Cyber Patroli yang akan selalu aktif melaksanakan patroli. Selain itu, Polres Cirebon Kota juga merekrut teman-teman (red. anggota kepolisian) yang ahli di bidang IT untuk mendukung kegiatan tersebut," beber Adi Vivid

Terkait Tim Cyber Patroli, Adi Vivid menyatakan Polres Cirebon Kota telah membentuk sekitar 50 personil. Selain melaksanakan tugas keseharian, katanya, 50 personil tersebut juga ditunjuk sebagai Tim Cyber Patroli.

"Karena Medsos ini sangat rentan digunakan untuk black campaign dan digunakan untuk isu-isu SARA. Isu SARA ini sensitif dan seksi, yang bisa orang mudah dipengaruhi," terang Adi Vivid.

Kedua, lanjut Adi Vivid, ialah merebaknya dan tersebar luasnya isu-isu terkait SARA, khususnya soal agama. Kerawanan ini, menurut Adi Vivid, sebagai dampak isu politik yang berkembang di Pilkada DKI tahun kemarin.

"Jangan sampai isu-isu SARA itu digunakan. Oleh karena itu, kami himbau kepada pimpinan partai politik, tolonglah melakukan politik ini yang cerdas, yang santun, jangan menarik-narik isu SARA, karena isu SARA ini wilayah sensitif," harapnya.

Adi Vivid menambahkan, kerawanan yang bakal terjadi biasanya nanti setelah ada penetapan bakal pasangan calon (Bapaslon) menjadi pasangan calon (Paslon) oleh KPU. Sekira tanggal 12 Februari 2018.

"Dari situlah akan mulai terbentuk peta-peta kekuatan," pungkasnya.

Begitu usai penetapan paslon oleh KPU, ungkap Adi Vivid, Polres Cirebon Kota akan menyediakan pula pengamanan untuk Calon Kontestan. Sekira 6-10 personil, lanjutnya, diturunkan untuk pengamanan Calon Kandidat.

"Setiap orang mendapatkan pengamanan. Diantaranya ada ajudan, walpri dan pengawalan bermotor. Sekitar 6-10 orang," tukas Adi Vivid.

Terakhir, Adi Vivid menghimbau kepada masyarakat pada umumnya dan elit politik pada khususnya agar bersama-sama menjaga kondusivitas daerah. Jangan mudah terprovokasi dan jangan pula mudah dipengaruhi berita-berita hoaks, terutama menjelang Pilkada Serentak 2018.

"Panas boleh, tapi jangan masuk ke hati. Harus lebih cerdas lagi," harapnya.

"Kalau semua suasananya baik, mulai dari awal tahapan-tahapan di kota Cirebon dapat dilaksanakan dengan aman, tertib dan lancar, saya yakin akan terpilih pimpinan yang memang benar-benar pilihan dari masyarakat, kemudian tidak ada ekses di kemudian hari," puskas Adi Vivid.

"Kalau mulai dari awal sudah ribut terus pasti pimpinan yang dipilih banyak orang komplain. Tapi kalau dari awal sudah damai, aman dan cerdas insya Allah akan terpilih kualitas pimpinan yang terbaik," tutupnya. [jar]

Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad