Kang Dedi
Kang Emil

Ini Pesan Dandim Bandung untuk Masyarakat DAS Citarum

Ragam  SABTU, 13 JANUARI 2018 , 09:04:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Ini Pesan Dandim Bandung untuk Masyarakat DAS Citarum
RMOLJabar. Kodim 0618/BS menggelar Rapat Teknis Kegiatan Citarum Harum Juara di D'palem Resto Jalan Lombok no 45 Kota Bandung,  Jumat(12/1) siang

Kegiatan ini digelar dalam rangka singkronisasi dan integrasi program dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Citarum Harum Juara serta pengelolaan persampahan.

Dalam paparannya Dandim 0618/BS Kol Inf Arfin Dahlan mengungkapkan adalah bahwa pentingnya pembersihan sungai dari hulu sampai hilir ,melibatkan semua elemen pemerintahan pusat ,kota,dan daerah.

"Dimulai dari diri kita dan keluarga kemudian seluruh elemen kita libatkan mulai dari RT,  RW,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai, anak sungai, dan cucu sungai Citarum, " kata Dandim.

Ia mengatakan pemerintah pusat akan menganggarkan dana yang tidak sedikit bahkan triliunan.

Karena,  menurutnya,  sungai/air adalah sumber kehidupan sehingga harus dijaga dipelihara dan dipertahankan untuk anak cucu yang nantinya akan menikmati menuju Indonesia Emas tahun 2045.

"Sungai Citarum adalah sumber kehidupan yang sangat penting  bagi masyarakat yang hidup di Daerah Aliran Sungai, " ujarnya.

Saat ini Sungai Citarum,  kata Dandim,  diklaim sebagai sungai terkotor kesekian di dunia karena banyak mengandung merkuri zat berbahaya dari Danau Saguling, Cirata, dan Danau jatiluhur.

"Masyarakat dihimbau untuk tidak mengkonsumsi ikan dari 3(tiga )danau tersebut dihentikan. Pemerintah pusat optimis untuk mengatasi sungai kotor tersebut dengan mengerahkan semua elemen pemerintah untuk bertindak. Rumah yang ada dipinggir sungai untuk tidak membuang tinja ke sungai.  Pembuatan septytank dan pembuatan bak sampah, " tandasnya.

Kegiatan dihadiri lebih kurang 25 orang dari SKPD. Toga, Tomas Kasdim 0618/BS Letkol Inf Momon Nuryaman S.E. Kol Inf Asep Rahmat Taufik dan jajaran dinas terkait. [bon]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00