Diduga Bunker, Spelcabumi: Itu Lorong Peninggalan Belanda

Peristiwa  RABU, 17 JANUARI 2018 , 15:45:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK SUPRIADI

Diduga Bunker, Spelcabumi: Itu Lorong Peninggalan Belanda
RMOLJabar. Tim Speleologi dan Caving Sukabumi (Spelcabumi) meyakini galian lubang septictank yang diduga bunker merupakan lorong peninggalan zaman Belanda.

Temuan yang berlokasi di Jalan Kopeng Gang Haji Bakri, RT 2 RW 3, Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi dibuktikan dengan adanya struktur bangunan dan bata dari zaman Belanda.

"Kalau di lihat dari strukturnya, ini seperti terowongan dari zaman Belanda, ujar  Pembina Spelcabumi Ferry saputra, Rabu (17/1)

Pasalnya struktur bangunan tersebut hampir sama dengan lorong-lorong yang telah dijelajah oleh tim Spelcabumi. Apalagi Kecamatan Gunungpuyuh menjadi lokus penelusuran lorong bersejarah oleh  tim Spelcabumi.

"Dari bata dan strukturnya hampir sama dengan lorong yang telah kami jelajahi di wilayah Gunungpuyuh," ucapnya.

Meskipun begitu, dirinya belum bisa memastikan tahun pembuatan bangunan tersebut. Terkait hal itu harus ada kajian lebih mendalam. " Harus dilihat dari beberapa hasil kajian baru bisa ketahuan tahun pembuatannya," ungkapnya.

Sejauh ini, Tim Spelcabumi bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan BPBD Kota Sukabumi hanya menelusuri struktur dan dimensi bangunan tersebut. Selain itu, mengecek endapan lumpur di tempat tersebut yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Sejauh ini kami hanya menelusuri luas, panjang dan lebar lorong ini. Kalau DLH meneliti kandungan yang ada di dalam endapan lumpurnya," pungkasnya. [nif]

Komentar Pembaca
Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

JUM'AT, 20 APRIL 2018 , 12:51:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00