Safari di Kota Cimahi, Syaikhu Soroti Angka Pengangguran

Politik  RABU, 17 JANUARI 2018 , 17:31:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Safari di Kota Cimahi, Syaikhu Soroti Angka Pengangguran
RMOLJabar. Dalam safari politiknya di Kota Cimahi, Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu menyoroti permasalahan ketenagakerjaan di Kota Cimahi.

Menurut pria yang masih menjabat Wakil Wali Kota Bekasi tersebut, tenaga kerja industri di Kota Cimahi terlalu didominasi pekerja pendatang.

Akibatnya, pekerja lokal hanya menjadi penonton dan malah memperluas pengangguran.

"Jangan sampai dengan banyaknya industri di Cimahi, banyak juga pengangguran di Cimahi," ujar Ahmad Syaikhu saat berkunjung ke Kota Cimahi, Rabu (17/1).

Berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi, jumlah industri hingga 2017 mencapai 593, dengan jumlah pekerja mencapai 82.296 karyawan. Sementara total pengangguran hingga akhir 2017 mencapai 14 ribu orang.

Menurut Ahmad Syaikhu, dominannya pekerja luar Cimahi disebabkan kurang tegasnya regulasi yang ada. Selain itu, tidak didukung pula oleh pengawasan yang memadai.

Untuk itu, kata dia, peran Pengawas Ketenagakerjaan (Wasnaker) yang sekarang berada di bawah Pemerintahan Provinsi Jawa Barat harus betul-betul dimaksimalkan.

"Yang ingin diefektikan adalah Wasnaker ini perannya, harus melihat betul-betul kasus di lapangan, termasuk kaitan tenaga kerja yang dipakai diindustri," tandasnya. [nif]



Komentar Pembaca
Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB