Panwaslu Kota Cirebon Lantik 22 PPL

Politik  RABU, 17 JANUARI 2018 , 21:01:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Panwaslu Kota Cirebon Lantik 22 PPL

Panwaslu Kota Cirebon

RMOLJabar. Guna maksimalisasi pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah di kota Cirebon tahun 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) melantik sekaligus memberikan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada sejumlah 22 orang anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) tingkat kelurahan. Kegiatan dipusatkan di Hotel Zamrud kota Cirebon, Selasa (16/1).

Koordinator Divisi Bidang SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Cirebon, Moh. Beny Isnaeni menyebutkan, PPL dibentuk dalam rangka pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018.

"Rekruitmen PPL dan Pengawas TPS sebagai bagian paling krusial dalam menyiapkan SDM pengawas pemilihan di tingkat kelurahan dan TPS," katanya.

Disebutkan, PPL merupakan petugas yang dibentuk Panwascam untuk mengawasi penyelenggaraan pemilihan di kelurahan. Adapun rincian tiap kecamatan yaitu untuk kecamatan Lemahwungkuk, Pekalipan dan Kejaksan, masing-masing berjumlah 4 PPL. Sementara kecamatan Kesambi dan Harjamukti, masing-masing 5 PPL.

Dijelaskan, PPL dibentuk satu bulan sebelum tahapan pertama pemilihan dimulai dan akan dibubarkan paling lambat dua bulan pasca seluruh tahapan pemilihan selesai. Sementara, pengawas TPS merupakan petugas yang dibentuk Panwascam untuk membantu PPL.

"Pengawas TPS berjumlah satu orang untuk setiap TPS dan dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara pemilihan. Selanjutnya akan dibubarkan tujuh hari setelah hari pemungutan suara pemilihan," pungkasnya.

Kegiatan itu dihadiri oleh perwakilan Bawaslu RI, Ketua Panwaslu Kota Cirebon (Susilo Waluyo), serta anggota Panwaslu Kota Cirebon, dan seluruh Panwascam se-Kota Cirebon. [jar]

Komentar Pembaca
Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB