Jokowi Amankan Elektoral Lewat Jenderal

Politik  RABU, 17 JANUARI 2018 , 23:47:00 WIB

Jokowi Amankan Elektoral Lewat Jenderal

Presiden Joko Widodo/Net

RMOLJabar. Jumlah jenderal yang masuk lingkaran Presiden Jokowi bertambah. Hal ini dimaknai sebagai upaya meningkatkan keamanan elektoral Jokowi jelang Pilpres 2019.

"Secara politis, jenderal di sekeliling Jokowi bisa menjadi daya magnet elektoral bagi Jokowi," kata pengamat politik UIN Jakarta, Adi Prayitno, Rabu (17/1).

Langkah demikian, Adi melihat, perlu dilakukan Jokowi di saat banyak kandidat capres dan cawapres dari kalangan militer. Nama-nama seperti Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo hingga Agus Harimurti Yudhoyono kerap digadang-gadang maju.

"Artinya, sentimen militer berpotensi terbelah ke Jokowi. Juga dengan adanya Jenderal di sekeliling Jokowi," tukas Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu seperti dilansir Kantor Berita Pemilu.

Jokowi hari ini melantik empat pejabat baru di beberapa posisi strategis pemerintahannya. Yaitu, Idrus Marham sebagai menteri sosial menggantikan Khofifah, Jenderal (Purn) TNI Moeldoko untuk Kepala Staf Presiden, Jenderal (Purn) TNI Agus Gumelar mengisi jabatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden menggantikan almarhum Hasyim Muzadi.

Nama lainnya yakni Marsekal TNI Yuyu Sutisna menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik sebagai KSAU.[jar]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00