Bursa Gubernur BI, Taufik: Jokowi Pasti Pilih Sosok Tepat

Seleb  RABU, 31 JANUARI 2018 , 01:46:00 WIB

Bursa Gubernur BI, Taufik: Jokowi Pasti Pilih Sosok Tepat
RMOLJabar. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo akan mengakhiri masa jabatannya pada Mei 2018. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meyakini Presiden Jokowi akan memilih sosok yang tepat untuk menggantikan Agus.

Keyakinan Taufik ini didasarkan pada perlunya menjaga stabilitas yang merupakan salah satu prioritas pemerintahan Jokowi-JK.

"Pemerintah pasti memilih dan memperimbangkan sosok yang tepat untuk mengisi posisi tersebut," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/1).

Dia kemudian memberikan beberapa kriteria mengenai sosok yang tepat itu. Pertama, harus orang yang mampu menjaga indenpendesi dan kinerja BI. Kedua, harus terlepas dari kepentingan atau intervensi eksekutif maupun legislatif. Sebab, bahasa tubuhnya saja berdampak besar terhadap keyakinan investor.

"Dia (Gubernur BI) merupakan penjaga stabilitas moneter di Indonesia. Kalau goyah, mudah diintervensi, stabilitas nilai tukar rupiah akan tergangu dan berdampak pada ketidakjelasan pasar. Kondisi ini (stabilitas) harus kita jaga bersama," tegas Wakil Ketua Umum PAN ini.

Soal nama, Taufik enggan berspekulasi. Dia memilih memuji kredibilitas dan kinerja Agus selama menduduki posisi tersebut.

"Pak Agus komunikatif dengan DPR, juga sangat baik dengan pemerintah. Dia pernah menjadi Menkeu, sehingga memiliki kemampuan mumpuni dan piawai soal market, terutama menjaga stablitas moneter di Indonesia," tandasnya.[gun]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19