Maruarar Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Dunia Sepak Bola

Olahraga  KAMIS, 08 FEBRUARI 2018 , 08:24:00 WIB

Maruarar Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Dunia Sepak Bola

Maruarar Sirait/Net

RMOLJabar. Anggota Fraksi PDIP Maruarar Sirait selalu berusaha menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatannya. Termasuk saat ia mengurus sepak bola dan menjadi ketua Streering Committee (SC) Piala Presiden 2018.

Kepada klub-klub peserta Piala Presiden, Maruarar mengajak untuk mengedepankan urun rembuk dan mengamalkan sila keempat Pancasila.

Maruarar menjelaskan, pengamalan nilai-nilai Pancasila ini penting agar pelaksanaan Piala Presiden 2018 berjalan baik dan dapat diterima semua pihak. Dia mencontohkan saat pengaturan jadwal di perempat final yang digelar pekan lalu.

Berdasarkan usulan dan hasil musyawarah bersama, diputuskan pertandingan yang menampilkan Persebaya Surabaya digelar paling awal dan pertandingan yang menampilkan Arema Malang digelar paling akhir. Tujuannya, agar tidak terjadi pertemuan atau bentrokan antarpendukung, yang sama-sama dikenal fanatik.

"Kemarin diputuskan Persebaya duluan, Arema belakangan. Ini wisdom. Sila keempat, permusyawaran dan perwakikan di sini ada. Kita tidak menang-menangan. Kita di sini sama-sama, kita sepakat musyawarah mufakat," ucap politisi yang akrab disapa Ara ini saat technical meeting semifinal Piala Presiden 2018 di Hotel Sultan Jakarta.

Dalam technical meeting tersebut, dibahas mengenai jadwal pertandingan antara Persija dan  PMSM Medan. Pertandingan tersebut akan digelar dua leg, yaitu pada 10 dan 13 Februari, pukul 19.30 malam. Namun, karena Persija akan bermain di Piala AFC melawan Johor Darul Ta’zim di Malaysia pada 14 Februari, pihak klub Macan Kamayoran tersebut meminta agar pertandingan leg kedua dimajukan. Sebab, mereka diharuskan pihak AFC untuk datang ke Malaysia dua hari sebelum pertandingan.

"Kita harus juga perhatikan jadwal Persija. Sebab, Persija di Piala AFC juga kan membawa nama negara," ucapnya.

Dari situ, Ara kemudian meminta Persija, PSMS, dan pihak televisi yang memegang hak siar untuk berempuk. Dari hasil rembuk itu, disepakati bahwa pertandingan leg kedua Persija vs PSMS akan digelar tanggal 13 Februari tapi waktunya dimajukan ke pukul 14.30. Ara pun bersyukur semua hal itu dapat dirembukkan dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Ara juga mengecek pembayaran fee setiap pertandingan kepada pihak klub dan pemain. Para perwakilan klub dan pemain yang datang memastikan fee sudah dibayarkan panitia dengan lancar.

"Tahun ini, (Piala Presiden) lebih transparan dan lebih aman," ucap perwakilan Persija.

Indosiar sebagai televisi yang menyiarkan Piala Presiden juga senang. Sebab, rating penonton di setiap pertandingan cukup besar.

"Kami melihat Piala Presiden ini sangat luar biasa. Saat ini televisi sudah sangat susah mencari rating, tetapi turnamen ini besar sekali," kata Managing Director of Indosiar Harsiwi Achmad.[bon/rmol]

Komentar Pembaca
Plagiasi Video Aksi Jokowi

Plagiasi Video Aksi Jokowi

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 13:00:00

Konspirasi Hati RR dan WS Rendra

Konspirasi Hati RR dan WS Rendra

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00