Kerajinan Cobek Batu Alami di Bandung Barat

Ragam  SELASA, 13 FEBRUARI 2018 , 14:33:00 WIB

Kerajinan Cobek Batu Alami di Bandung Barat
RMOLJabar. Tempat ulekan alami atau biasa disebut cobek batu” ternyata masih bisa didapatkan, banyaknya tempat produksi cobek batu di daerah Padalarang Bandung Barat seperti di jl. Cipadang Manah no.8 Desa Padalarang Kab. Bandung Barat membuat cobek batu tetap diminati.

Cobek yang terbuat dari batu gunung alami masih banyak dicari oleh masyarakat, dengan proses pembuatan yang amat alot dan lama, mulai dari pengambilan batu-batu hasil galian lalu di pecah-pecah sampai proses pembentukan awal secara di pahat serta penghalusan oleh mesin.

Banyaknya cobek batu yang terbuat dari cetakan semen serta dicampur dengan pasir dan kerikil agar terlihat sama dengan cobek batu alami, membuat peminat cobek memilih langsung datang ke pabrik cobek batu.

"Cobek ini ada yang dikirim ke Jakarta dan kota-kota lainya oleh kita langsung ke tokonya ada juga pemilik toko atau pembeli yang datang sengaja kesini, karena diluar sana banyak took-toko yang menjual cobek batu bajakan” ujar Tata (45) mandor pabrik cobek, Selasa (12/2).

Mata pencaharian sebagai perajin cobek sudah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang warga Cipadang Manah. Hingga kini tradisi menjadi kekhasan kampung cipadang manah dan sekitarnya.

Selain cobek masih banyak bentuk kerajian yang terbuat dari batu alami seperti padung kuburan, vareasi dingding  rumah dengan berbagai warna dan sebagainya.

Dengan upah yang dihitung dari jumlah hasil cobek, sehari itu rata-rata setiap orang bisa bikin 10 cobek dari batu yang belum di pecah-pecah," ungkapnya.

Masih banyaknya lokasi lahan pegunungan batu di daerah padalarang-Citatah, dimana batu-batu dari gunung tersebut memang cocok untuk dibuat cobek dan kerajian lainya, membuat produksi cobek khas Bandung Barat itu tidak akan punah.

Harga jual cobek batu satunya dihitung dari ukuran, baik besar maupun kecil mempunyai harga tersendiri seperti 40 cm di bandrol Rp.120.000, begitupun dengan upah pekerja cobek batu dihitung dari ukuran mulai dari Rp.1.500-Rp.10.000,” kata Tata. (Reza Riva’i/bon)

 

Komentar Pembaca
Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

"Jokowi" Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 19:00:00