Bamsoet Ajak Masyarakat Laporkan Akun Medsos Penyebar Kebencian

Politik  KAMIS, 15 FEBRUARI 2018 , 06:34:00 WIB

Bamsoet Ajak Masyarakat Laporkan Akun Medsos Penyebar Kebencian

Bambang Soesatyo/Net

RMOLJabar. Ketua DPR Bambang Soesatyo merasa geram karena makin banyaknya akun palsu di media sosial yang disalahgunakan untuk menyebarkan fitnah, berita hoax, dan hate speech menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Korbannya elite hingga level Presiden Jokowi. Terakhir, Presiden RI Kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, jadi korban hoax.

Untuk mengatasi hal ini, Bamsoet sapaan Bambang meminta Komisi I DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bertindak.

Dia berharap Komisi I DPR melalui Kemenkominfo, memanggil penyedia media sosial dalam rapat dengar pendapat. Hal itu berguna untuk membahas persoalan tersebut dan menjadikan media sosial yang sehat dan netral.

Dia juga mendesak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan pengawasan intensif terkait penyebaran fitnah, berita hoax, dan hate speech di media sosial yang berpotensi menimbulkan konflik.

"BSSN harus bersikap objektif terhadap penyebar fitnah, berita hoax, dan hate speech di media sosial sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/2).

Lebih lanjut Bamsoet juga meminta masyarakat untuk menggunakan akun media sosial secara bijak dan ikut menindak akun-akun yang digunakan untuk menyebar kebencian. Tindakan yang disarankan yakni melaporkan akun yang digunakan untuk menyebarkan fitnah, berita hoax, dan hate speech kepada pihak berwajib.

"Apalagi kalau terkait Pilkada dan Pemilu. Laporkan segera ke Kemenkominfo, BSSN, dan Kepolisian," ujar Bamsoet. [jar]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00