Hendri Satrio: UU MD3 "Kecerdasan" DPR Untuk Lindungi Diri

Sudut Pandang  SABTU, 17 FEBRUARI 2018 , 15:32:00 WIB

Hendri Satrio: UU MD3
RMOLJabar. UU MD3 yang baru disahkan oleh DPR sebagai bagian dari upaya "cerdas" dari anggota dewan untuk melindungi dirinya sendiri.

"Saya enggak setuju yang bilang DPR licik. Menurut saya, DPR sekarang ini paling cerdas sepanjang sejarah. Karena mereka tahu bagaimana cara melindungi diri. Ini belum ada dalam sejarah," ucap analis politik dari Kedai Kopi, Hendri Satrio dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (17/2).

Dalam kasus ini, Hendri melihat DPR tidak sepenuhnya antikritik. Apalagi ada dua partai politik yang menyatakan tidak mendukung pengesahan UU MD3, yakni PPP dan Nasdem. Terakhir, pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman.

"PKS ini jago juga komunikasinya, dia bilang, sebenarnya kami menolak cuma karena ada miskomunikasi antara DPP dan Fraksi. Ini cerdas juga," sindirnya.

Handri berpendapat dirnya setuji bahwa kehormatan DPR sebagai lembaga tinggi negara harus dijaga. Namun dia curiga, dengan pasal 122 huruf k dimana setiap warga negara yang dianggap menghina DPR dapat dipanggil paksa.

"Yang kita takutkan ini ada barter kepentingan antara menjaga kehormatan DPR yang pasalnya sudah disahkan dengan RUU KUHP yang sedang dibicarakan soal pasal penghinaan Presiden," terang Hendri.

Menurutnya hal ini adalah satu keputusan yang terburu-buru lantaran bukan kali pertama terjadi saat DPR melakukan pembahasan RUU, ia mencontohkan saat pembentukan Hak Angket KPK.

"Jadi bukan salah opini publik juga kalau kemudian publik menjudge ada konspirasi terselubung di balik penetapan ini," pungkas Hendri.[gun]

Komentar Pembaca
Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat Akui Main Dua Kaki

Demokrat Akui Main Dua Kaki

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00