Sejumlah Kendaraan Dinas Raib, Pemda Gandeng Samsat

Pemerintahan  KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 11:43:00 WIB | LAPORAN: FARAN

Sejumlah Kendaraan Dinas Raib, Pemda Gandeng Samsat

net

RMOLJabar. Sehubungan dengan jumlah kendaraan milik Pemkab Bandung yang tidak diketahui keberadaannya dan hilang, pihak Badan Keuangan Daerah (BKD) Kab. Bandung akan berusaha melacaknya.

"Kita akan meminta data dan konfirmasi ke masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pengguna. Kita juga akan cek ulang apakah terjadi dobel catat karena kesalahan pencatatan atau adanya perubahan pelat nomor kendaraan," ujar Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) BKD Kab. Bandung, Permadhi Agus Bintoro, Kamis (22/2).

Selain itu, lanjut Permadhi, untuk keberadaan fisik kita minta tindak lanjut OPD terhadap jumlah kendaraan yang masih dikuasai oleh orang yang sudah tidak berhak.

Seperti diketahui tujuh kendaraan mobil dinas milik Pemerintah Kabupaten Bandung masih dikuasai oleh orang yang tidak berhak, yaitu oleh lima pensiunan PNS dan dua anggota DPRD Kab. Bandung. Jumlah kendaraan tersebut dengan total Rp 576 juta lebih.

Ia membenarkan, 9 dari 68 unit kendaraan pelat merah baik roda dua maupun  empat dilingkungan  Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kab. Bandung sebelum kewenangan pengelolaannya  diambil alih Pemprov Jabar sudah dikembalikan ke Pemrov Jabar.

"Iya benar,  sesuai data yang kami miliki sebanyak 9 unit kendaraan terdiri dari sebuah mobil dan 8 sepeda motor sudah diserahkan ke Pemrov Jabar dan sisanya sisanya akan kami lakukan penelusuran berdasarkan data yang ada," tuturnya.

Menurut dia, pada dasarnya Barang Milik Daerah (BMD) itu  adalah tanggung jawab dari pengguna (kepala OPD). Lagi pula data data lama masih tercatat, tapi belum diketahui keberadaan fisiknya.

"Ini menjadi perhatian kami, meskipun merupakan warisan masalah masa lalu. Kita akan terus melacak. Bahkan, kita sudah berkoordinasi dengan pihak Samsat, dan pengelola aset," tandas Permadhi. [nif]

Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00