Sukseskan Citarum Harum

Unpad Akan Titik Beratkan Pada Pengadaan Sosial Engginering

Pemerintahan  KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 17:42:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Unpad Akan Titik Beratkan Pada Pengadaan Sosial Engginering
RMOLJabar. Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Tri Hanggono Achmad, menyambut baik langkah Pemerintah Pusat dalam menormalisasikan kembali sungai citarum yang terklaim sebagai sungai terkotor di dunia.

Apalagi kata dia, Program Citarum Harum ini  langsung dikomandoi oleh Presiden Joko Widodo. Dan itu menjadi semangat gotong-royong semua elemen untuk bersama-sama mewujudkan citarum harum ini.

Karena kata Tri Hanggono, permasalahan di sungai Citarum yang sudah kompleks, membutuhkan peran dari semua pihak yang terintegritas.

"Dengan adanya komitmen pemerintah lewat hadirnya Presiden kesini yang mendorong semua pihak agar bersinergi, itu suatu dorongan yang positif dan energi yang luar biasa bagi kita. Unpad sendiri sebenarnya sudah hadir cukup lama di sini, banyak riset yang kita lakukan, pengembangan dilakukan, tapi ngga bisa kita bekerja sendiri, memang multisektor," ungkapnya di Situ Cisanti, Kamis (22/2).

Dengan adanya konsep green economy, lanjut Tri, bisa menjadi sebuah langkah positif untuk menselaraskan program perekonomian dan pelestarian lingkungan.

"Satu sisi ingin ada pembangunan ekonomi, tapi di sisi lain kadang mengorbankan lingkungan, padahal sekarang dengan konsep green economy, itu bisa diselaraskan, jadi adanya momentum ini, komitmen yang luar biasa, dan semangatnya nambah, sehingga nanti para akademisi kita mendapat dukungan," tegasnya.

Selanjutnya kata dia, untuk program Citarum Harum, Unpad akan menitik beratkan pada pengadaan social engineering. Adapun untuk teknologinya diserahkan kepada ITB.

"Dari sisi teknologi, titik beratnya ke temen-temen di ITB, kami di Unpad lebih banyak kepada social engineeringnya, karena yang tidak mudah juga aspek sosialnya," pungkasnya. [bon]





Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00