Jokowi Bakal Bikin Inpres Permudah Investasi

Ekbis  JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 01:53:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Jokowi Bakal Bikin Inpres Permudah Investasi
RMOLJabar. Presiden Joko Widodo meminta, seluruh Pemerintah Provinsi di Indonesia untuk memangkas regulasi atau perizinan terkait investasi. Sebab, jika itu dilakukan bakal mempermudah investasi masuk ke seluruh daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi.


Permintaan tersebut disampaikan Jokowi usai memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) yang dihadiri 24 gubernur, 6 wakil gubernur dan 4 sekretaris daerah/asisten.

"Mulai dari lamanya perizinan, ruwetnya perizinan, banyaknya regulasi, banyaknya aturan, banyaknya rekomendasi, banyaknya persyaratan, itu yang saya minta untuk secepat-cepatnya dipangkas dan sebanyak-banyaknya disederhanakan," tegas Jokowuli di Hotel The Trans Luxury, Jalan Jendral Gatot Subroto No. 289, Bandung, Kamis (22/2).

Jokowi menuturkan, pertumbuhan ekonomi suatu daerah bisa terkerek dengan cepat apabila kepala daerah serius memperhatikan investasi dan ekspor. Tak salah Jokowi mengatakan demikian, mengingat tajuk yang diangkat dalam Rakernas kali ini adalah 'Kerja Sama Perdagangan Antar daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional'.

"Pertumbuhan ekonomi itu sangat dipengaruhi oleh dua hal, yang pertama investasi, yang kedua ekspor," ungkap Jokowi.

Dia berharap, lapangan kerja ke depan akan semakin besar pasca kepala daerah tersebut usai mengikuti Rakernas. Pasalnya, mereka harus segera merealisasikan penyederhaan regulasi investasi, sehingga ekspansi usaha semakin bertumbuh pesat.

"Inilah yang nanti akan mempercepat dunia usaha untuk segera ekspansi, investasi sehingga diharapkan lapangan kerja akan semakin besar," jelas Jokowi.

Dia menambahkan, sebagai bentuk keseriusan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, Jokowi akan membentuk Instruksi Presiden (Inpres). Bahkan, lanjut Jokowi, rancangan Inpres tersebut sedang disiapkan.

"Ini (Inpres) yang mau kita siapkan. Jangan sampai ini membuat cape, harusnya memudahkan, harusnya mempercepat," pungkas Jokowi.[gun]

Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00