Emil Diminta Tak Sekedar Omong Kosong Sejahterakan Petani

Politik  JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 15:15:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Emil Diminta Tak Sekedar Omong Kosong Sejahterakan Petani

Ridwan Kamil

RMOLJabar. Para Petani di Desa Loyang, Kecamatan Cikedung berharap kandidat gubernur Jawa Barat berpihak pada petani untuk menjadikan petani sejahtera. Saat ini, di Indramayu masih banyak petani yang tidak punya lahan, mayoritas mereka adalah buruh tani.

Hal itu diungkapkan Ketua Barisan Ridwan Kamil (Barmil) Indramayu, Solihin pada acara Silahturahmi Kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan petani Indramayu di lapangan Desa Loyang, Cikedung, Indramayu, Jumat (23/2).

"Jika jadi Gubernur, Kang Emil dapat mendahulukan petani. Datang ke sini bukan sekadar ngomong, bukan sekadar janji, tapi mewujudkan kesejahteraan petani. Senyum petani, tanda kemakmuran petani," kata Solihin.

Pada acara itu, Abdul Goni, salah seorang petani curhat kepada Emil. Menurut dia, sekarang di Desa Loyang sedang panen raya, tapi hasilnya tidak maksimal karena masalah hama. Kendala lainnya, susah air. Padahal Desa loyang punya 3 embung yang dibangun oleh pusat. Juga masalah pemasaran pasca panen dan infrastruktur yang belum sampai ke areal sawah. Untuk itu petani minta dibuatkan jalan menuju sawah.

"Karena belum ada jalan, petani menjerit karena harus memanggul gabah dari sawah menuju jalan aspal sampai berkilo-kilometer," ungkap Goni kepada Emil.
 
Dia juga curhat soal kurang maksimalnya hasil ternak kambing, padahal kelompok ternak kambing di Desa Loyang banyak.

"Masih kurangnya penyuluhan peternak ke sini," ujar Goni.

Menjawab curhat petani, Ridwan Kamil mengatakan, masalah pertanian dan peternakan akan dicatat untuk kemudian dicarikan solusinya. Karena itu, dia minta petani membantunya untuk mencoblos Rindu (Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum) saat pemilihan Juni nanti.

"Jika saya terpilih menjadi gubernur, maka saya akan bantu para petani dengan kekuasaan. Karena kekuasaan adalah alat untuk menolong rakyat," tegas Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dihadapan 200 petani. 

Terkait pemasaran hasil panen, Emil mengatakan akan membuat aplikasi tentang tata cara jual beli hasil panen langsung ke konsumen.

"Jual beli beras ingin saya benahi. Saya barusan dengar dari petani langsung, katanya petani jual beras Rp 4 ribu, istri saya beli Rp 13 ribu. Lalu kemana yang Rp 9 ribu? Makanya akan saya gunakan teknologi," ucap Emil.

"Dengan aplikasi ke depan, istri saya bisa beli beras langsung ke koperasi di sini dengan harga yang memihak pada petani," lanjut Emil yang langsung disambut tepuk tangan hadirin.

Sebelum ke acara silahturahmi, Emil menemui petani di areal persawahan, dengan menggulung celananya dia ikut "ngagebot" gabah dan melihat langsung gabah yang sudah dipisahkan dari jerami. Setelah berkeringat membantu panen, ia makan siang bersama petani dengan lauk sangat sederhana, hanya nasi dan sayur.

"Nikmat sekali makan nasi di sawah," pungkas Emil sambil tersenyum. [jar]


Komentar Pembaca
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00