Plt Bupati Kuningan Dukung Petani Tanam Kedelai di Lahan Bekas Galian C

Pemerintahan  SELASA, 13 MARET 2018 , 23:07:00 WIB | LAPORAN: YUDI R SUDIRMAN

Plt Bupati Kuningan Dukung Petani Tanam Kedelai di Lahan Bekas Galian C
RMOLJabar. Plt Bupati Kuningan Dede Sembada sambut baik ide brilian masyarakat yang memanfaatkan lahan bekas galian pasir di Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu menjadi lahan pertanian kacang kedelai.

Dukungan tak hanya diperlihatkan Plt Bupati Kuningan, pada kesempatan Penanaman Perdana Benih Kacang di lokasi tersebut, turut hadir Dandim 0615, Wakapolres, Kepala Dinas Pertanian Kuningan, serta perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Selasa (13/3).

Dede Sembada yang akrab dipanggil Desem mengatakan, pemerintah daerah akan memberikan bantuan bibit, pupuk, urea, beberapa unit traktor, serta dana untuk kebutuhan buruh dalam proses penanaman.

"Disamping itu, hasil dari panen kedelai ini, selanjutnya bisa didistribusikan ke Bumdes yang bekerja sama dengan salah satu bank swasta di Kuningan, dan ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan," kata Dede.

Sementara itu, Kepala Desa Cibulan Iwan Gunawan membeberkan, bahwa kegiatan itu sebagai upaya memajukan kesejahteraan masyarakat, melalui pemanfaatan lahan  bekas galian C seluas kurang lebih 200 Ha menjadi tempat budi daya kacang kedelai.

Selain akan ditanami kedelai, sambung Iwan, sebagian dari hamparan tanah eks galian pasir yang di daerah lain biasanya terbengkalai ini, akan dibuat situ seluas 1,5 Ha, sebagai sarana irigasi untuk mengairi sawah di desa yang dipimpinnya hingga ke desa tetangga, yakni Cieurih.

"Lahan disini kalau digali sedalam lebih dari 30 meter kebawah, akan menghasilkan air yang cukup banyak, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai pengarian ke persawahan di desa kami, hingga desa tetangga kami," terangnya. [jar]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00